Setelah 8 Tahun, Borussia Dortmund Kembali Jadi Juara Musim Dingin

Kompas.com - 22/12/2018, 05:30 WIB
Jadon Sancho merayakan golnya pada laga Borussia Dortmund vs Borussia Moenchengladbach di Stadion Signal Iduna Park dalam lanjutan Bundesliga 1 Liga Jerman, 21 Desember 2018. AFP/PATRIK STOLLARZ Jadon Sancho merayakan golnya pada laga Borussia Dortmund vs Borussia Moenchengladbach di Stadion Signal Iduna Park dalam lanjutan Bundesliga 1 Liga Jerman, 21 Desember 2018.

DORTMUND, KOMPAS.com -  Borussia Dortmund mengakhiri paruh pertama Bundesliga 1 - kasta teratas Liga Jerman - di peringkat pertama. Mereka pun pantas menyandang gelar non-resmi, juara musim dingin Liga Jerman. 

Kepastian itu dipertegas seusai laga Borussia Dortmund vs Borussia Moenchengladbach di Stadion Signal Iduna Park, Jumat (21/12/2018) atau Sabtu dini hari WIB. Duel dua tim teratas klasemen Liga Jerman itu berakhir dengan skor 2-1 untuk tuan rumah. 

Borussia Dortmund menang berkat gol Jadon Sancho (menit ke-42) dan Marco Reus (54'). Satu gol balasan tim tamu dicetak oleh Christoph Kramer (45'). 

Baca juga: Wajah Tak Mirip di Game FIFA 19, Bintang Borussia Dortmund Protes

Hasil melawan Moenchengladbach ini juga mengembalikan Marco Reus dkk ke trek kemenangan. Pada pekan lalu, mereka merasakan kekalahan pertamanya di Bundesliga saat takluk dari Fortuna Duesseldorf. 

"Saya senang bisa mencetak dua assist. Namun, hal terpenting adalah tim ini bekerja dengan baik untuk bisa meraih posisi seperti sekarang," kata gelandang Mario Goetze yang mencetak dua assist pada laga ini. 

Kemenangan atas Moenchengladbach mengokohkan posisi Dortmund di puncak klasemen. Mereka mengumpulkan 42 poin dari 17 laga, unggul 9 angka atas Moenchengladbach dan Bayern Muenchen. 

Kegagalan Bayern Muenchen finis di posisi teratas pada pekan terakhir paruh pertama musim Liga Jerman ini merupakan hal langka. Kali terakhir mereka tak memuncaki klasemen pada musim dingin terjadi 2010-2011 atau delapan tahun lalu. 

Saat itu, Dortmund-lah yang menjadi juara paruh musim. Mereka pun bisa mengakhiri musim dengan meraih titel keempat Bundesliga. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X