Bisa Ada Pembagian Wilayah untuk Timnas U-16 dan U-19...

Kompas.com - 20/12/2018, 16:25 WIB
Presiden Joko WIdodo (tengah) didampingi Menpora Imam Nahrawi (sembilan kanan) serta pelatih Fachry Husaini (sembilan kiri) berfoto dengan pemain Timnas U-16 serta tim ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018). Presiden mengapresiasi prestasi Timnas U-16 yang menjadi juara Piala AFF U-16 2018 serta mampu menembus perempat final Piala Asia. ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO APresiden Joko WIdodo (tengah) didampingi Menpora Imam Nahrawi (sembilan kanan) serta pelatih Fachry Husaini (sembilan kiri) berfoto dengan pemain Timnas U-16 serta tim ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018). Presiden mengapresiasi prestasi Timnas U-16 yang menjadi juara Piala AFF U-16 2018 serta mampu menembus perempat final Piala Asia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan Timnas U-19 dan Timnas U-16 Indonesia pada 2018 mendapat perhatian khusus dari PSSI. Otoritas tertinggi sepak bola di Indonesia itu berencana menyiapkan tim yang besar dalam persiapan, bahkan bisa jadi dibagi dalam tiga wilayah. 

"Gagasan yang muncul mempertimbangkan talenta. Intinya, kami punya pikiran bahwa U-16 dan U-19 tidak sekadar diisi 30 pemain," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Kamis (20/12/2018). 

"Kami ingin talent pool 100 pemain yang terbagi ke dalam tiga kelompok. Hal itu dengan mempertimbangkan besaran potensi pesepak bola di Indonesia. Bisa saja, kelompok itu terbagi dalam tiga wilayah, barat, tengah dan timur," tuturnya melanjutkan.

Baca juga: Resmi, Simon McMenemy Latih Timnas Indonesia

Atas dasar itulah, PSSI menilai dua tim level junior itu butuh tambahan pelatih. Untuk saat ini, PSSI telah menetapkan mantan asisten Luis Milla di Timnas Indonesia, Bima Sakti, menukangi Timnas U-16 Indonesia. 

"Bisa saja, nanti akan ada enam pelatih untuk Timnas U-16 dan U-19 karena terdiri atas tiga grup," ucap Jokdri, panggilan akrab Joko Driyono. 

"Timnas U-16 dan U-19 dalam fase perkembangan. Penting bagi kita melihat mereka mengangkat piala, tetapi dengan tidak meninggalkan talenta yang ada," ujarnya lagi. 

Baca juga: PSSI Siapkan 6 Tim Nasional pada 2019 untuk Berbagai Ajang

Timnas U-16 dan U-19 Indonesia memang tampil meyakinkan pada 2018. Mereka tampil apik di level Asia Tenggara, Piala AFF dan berhasil melaju ke putaran final Piala Asia. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X