Final AFF 2010, Eks Manajer Timnas Buka Suara soal Pengaturan Skor

Kompas.com - 20/12/2018, 11:11 WIB
Final Piala AFF 2010 mempertemukan Malaysia vs Indonesia. Laga kedua berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember 2010. AFP/BAY ISMOYOFinal Piala AFF 2010 mempertemukan Malaysia vs Indonesia. Laga kedua berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember 2010.
|

KOMPAS.com - Dugaan terkait adanya match-fixing atau pengaturan skor pada laga final Piala AFF 2010 antara timnas Indonesia dan Malaysia kembali mengemuka setelah mantan Manajer Timnas saat itu, Andi Darussalam Tabusala, buka suara mengenai hal tersebut.

Pada delapan tahun silam itu, timnas Indonesia kembali gagal meraih Piala AFF 2010 karena kalah agregat pada laga final di tangan Malaysia.

Pada leg pertama, Indonesia, yang saat itu dilatih oleh Alfred Riedl, bermain tandang lebih dulu ke Malaysia. Saat itu, tim Merah Putih kalah dengan skor 0-3.

Hasil tersebut terbilang mengejutkan dan berbanding terbalik dengan saat di fase grup saat Indonesia menang dengan skor telak 5-1.

Selanjutnya pada final leg kedua, Indonesia hanya bisa menang dengan skor 2-1 dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hasil itu pun membuat timnas Indonesia gagal meraih gelar juara karena kalah agregat 2-4.

Baca juga: Dikabarkan Akan Latih Indonesia, Simon McMenemy Kenang Piala AFF 2010

Namun, selain kegagalan itu, kabar terkait adanya dugaan pengaturan skor dalam laga tersebut pun menjadi pembicaraan, terutama di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkaitan dengan hal itu, Andi Darussalam Tabusala angkat bicara terkait dugaan tersebut saat memberi tanggapannya dalam acara Mata Najwa dengan tema "PSSI Bisa Apa Jilid 2", pada Rabu (19/12/2018) malam.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi itu, pembawa acara Najwa Shihab sempat menanyakan kepada Andi apakah benar ada pengaturan skor pada final Piala AFF 2010.

"Bang Andi, ramai di media sosial soal Piala AFF 2010, adakah match fixing ketika itu? tanya Najwa kepada Andi.

"Tidak ada, (tetapi) pada saat terakhir, kira-kira setahun kemudian, saya kenal beberapa orang-orang Malaysia ini. Waktu itu, saya tanya, 'Bagaimana Anda bisa mainkan itu sampai saya kalah.' Di situlah mereka terbuka bicara, 'Bang, kalau kami tidak mainkan orang abang itu, enggak bisa menang kami ini'," jawab Andi, yang juga mantan Ketua Badan Liga Indonesia

Baca juga: Andi Darussalam Siap Bongkar Pengaturan Skor di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.