Ajax Tak Gentar Hadapi Real Madrid di Babak 16 Besar Liga Champions - Kompas.com

Ajax Tak Gentar Hadapi Real Madrid di Babak 16 Besar Liga Champions

Kompas.com - 18/12/2018, 12:50 WIB
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol Klaas-Jan Huntelaar ke gawang Sturm Graz dalam partai Liga Champions di Graz, Austria, 1 Agustus 2018.
AFP/ERWIN SCHERIAU Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol Klaas-Jan Huntelaar ke gawang Sturm Graz dalam partai Liga Champions di Graz, Austria, 1 Agustus 2018.

KOMPAS.com - Bek senior Ajax Amsterdam, Daley Blind, menyambut antusias hasil drawing atau undian babak 16 besar Liga Champions, Senin (17/12/2018). Pada babak gugur pertama ini, Ajax akan berhadapan dengan juara bertahan, Real Madrid.

Meski bertemu dengan raksasa dari Spanyol, bukannya takut, skuad Ajax justru senang bukan kepalang. Pasalnya, Real Madrid pada musim ini sering tampil tidak konsisten setelah ditinggal pelatih Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.

Melihat hal itu, Blind yakin Ajax bisa membuat kejutan dengan menyingkirkan Real Madrid.

"Mereka tim yang fantastis, tetapi kami harus percaya pada diri sendiri. Kami harus percaya kami bisa karena kami akan punya waktu istirahat dan masa yang cukup untuk berkembang," ujar Blind dikutip BolaSport.com dari media Belanda, De Telegraph.

"Jika kami melihat beberapa laga terakhir, kami bisa bersaing dengan tim papan atas seperti Bayern Muenchen. Andai kami menunjukkan kekuatan, keberanian, dan keteguhan hati yang sama, kami akan punya peluang," tutur mantan pemain Manchester United tersebut.

Baca juga: Nelangsa Real Madrid, Juara Bertahan Liga Champions Kini Jadi Underdog

Di fase grup, Ajax memang tampil cukup konsisten. Ajax bahkan sempat merepotkan Bayern Muenchen ketika bermain imbang 3-3 pada laga terakhir Grup E.

Meski begitu, Blind mengatakan bahwa timnya harus tetap realistis dan membumi.

"Madrid adalah juara bertahan dan memenangi tiga Liga Champions terakhir, jadi tentu ini tak akan mudah," kata Blind.

"Namun, kami ingin lolos ke babak selanjutnya dan tak ada yang tak mungkin," ujarnya.

Baca juga: Drawing 16 Besar Liga Champions - Man United Vs PSG, Bak Kencan Pertama

Laga ini bisa jadi adalah salah satu laga paling besar andai dilihat dari sejarah. Real Madrid dan Ajax Amsterdam adalah dua klub yang sama-sama boleh mengenakan Badge of Honour.

UEFA Badge of Honour adalah penghargaan kepada klub yang mengoleksi minimal lima gelar juara atau setidaknya pernah memenangi Liga Champions dalam tiga musim beruntun.

Duel Ajax vs Real Madrid adalah pertarungan dua tim yang sudah mengoleksi total 17 gelar juara Liga Champions, termasuk era Piala Champions.

Real Madrid juara 13 kali, sedangkan Ajax meraih empat kali dengan tiga di antaranya beruntun pada 1971-1973. (Thoriq Az Zuhri Yunus)



Close Ads X