Hattrick Juara Liga Champions Real Madrid Bisa Gagal karena Ronaldo - Kompas.com

Hattrick Juara Liga Champions Real Madrid Bisa Gagal karena Ronaldo

Kompas.com - 18/12/2018, 11:23 WIB
Cristiano Ronaldo saat masih memperkuat Real Madrid.AP PHOTO/PAVEL GOLOVKIN Cristiano Ronaldo saat masih memperkuat Real Madrid.

KOMPAS.com - Real Madrid bisa saja gagal mencetak hattrick menjuarai Liga Champions pada musim lalu karena Cristiano Ronaldo.

Hal itu bisa saja terjadi karena pernyataan agen Ronaldo, Jorge Mendes, baru-baru ini. Menurut Mendes, Ronaldo sudah ingin meninggalkan Real Madrid dan pindah ke Juventus pada bursa transfer Januari 2018.

Mendes mengaku sudah bertemu petinggi Juventus, termasuk presiden klub, Andrea Agnelli, sebelum kedua tim bertemu di babak perempat final Liga Champions Februari lalu.

"Cristiano Ronaldo sudah mengatakan sejak Januari bahwa dia ingin pindah ke Juventus sejak Januari. Awalnya, saya pikir itu tidak mungkin, tetapi sepertinya saya salah," kata Mendes dikutip BolaSport.com dari Goal.

"Saya bertemu Fabio Paratici (direktur olahraga) dan Pavel Nedved (vice chairman), serta Agnelli. Sejak saat itu, saya mulai percaya bahwa kepindahan Cristiano Ronaldo mungkin terjadi," tutur Mendes.

Baca juga: Bertemu Real Madrid di Liga Champions, Skuat Ajax Menangis Gembira

Andai Ronaldo pindah ke Juventus Januari lalu, Real Madrid kemungkinan tidak akan menjadi juara Liga Champions pada akhir musim.

Pasalnya, Ronaldo menjadi pilar penting keberhasilan Real Madrid menapaki satu demi satu fase gugur. Ronaldo mencetak enam gol dan dua assist di empat laga babak 16 besar dan perempat final.

Catatan itu termasuk tiga gol Ronaldo yang dicetak ke gawang Juventus pada babak perempat final. Saat itu, Ronaldo seperti sudah diterima oleh publik Turin ketika mencetak gol spektakuler di Stadion Allinz pada leg pertama.

Setelah mencetak gol akrobatik itu, Ronaldo mendapat tepuk tangan berdiri dari seisi Stadion Allianz. Ronaldo kemudian membalas dengan gestur terima kasih atas apresiasi para pendukung Juventus. 

Pada akhir musim, Ronaldo mengawinkan trofi juara dengan gelar top scorer (15 gol).

Baca juga: Nelangsa Real Madrid, Juara Bertahan Liga Champions Kini Jadi Underdog

Keinginan Ronaldo pada akhirnya baru bisa tercapai pada awal musim ini. Juventus menebus Ronaldo dengan mengeluarkan 112 juta euro atau setara Rp 1,8 triliun. Meski sudah berusia 33 tahun, Ronaldo mendapat kontrak jangka panjang selama empat musim ke depan.

Melihat keinginan Ronaldo telah tercapai, Mendes mengucapkan terima kasih kepada manajemen Juventus yang sangat terbuka dalam proses negosiasi.

"Cristiano Ronaldo pemain terbaik dunia, jadi wajar banyak yang menginginkannya. Meski demikian, Juventus layak mendapat kredit karena membuat kepindahan Ronaldo jadi mungkin," ujar Mendes.

Meski sempat melempem pada awal musim, Ronaldo secara perlahan mulai menunjukkan kualitasnya di Italia. Hingga saat ini, kapten timnas Portugal itu sudah mengemas 12 gol di semua kompetisi dengan 11 di antaranya terjadi di Liga Italia. (Lariza Oky Adisty)



Close Ads X