Selama Liga 1 2018, Hanya 6 Pelatih yang Selamat Hingga Akhir Musim

Kompas.com - 14/12/2018, 15:40 WIB
Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Persija menang dengan skor 1-0. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Persija menang dengan skor 1-0.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama berlangsungnya Liga 1 2018, tercatat hanya ada enam pelatih yang selamat sampai akhir musim.

Keenam pelatih itu adalah Jacksen F. Tiago (Barito Putera), Simon McMenemy (Bhayangkara FC), Aji Santoso (Persela Lamongan), Mario Gomez (Persib Bandung), Stefano Cugurra
(Persija Jakarta), dan Robert Rene Alberts (PSM Makassar).

Namun, Mario Gomez belum lama ini didepak dari Persib setelah kompetisi Liga 1 berakhir.

Mengutip laman Liga Indonesia, Jumat (14/12/2018), ada 12 tim yang mengganti pelatih di tengah jalan. Ada pelatih yang mundur, sedangkan sebagian lagi dipecat.

Pelatih pertama yang terdepak dari Liga 1 2018 adalah Iwan Setiawan. Ia hanya satu kali memimpin Borneo FC, yakni di pertandingan pertama melawan Sriwijaya FC. Setelah
itu, Iwan Setiawan harus lengser.

Baca juga: Simon McMenemy Buka Suara Terkait Isu Jadi Pelatih Persib Bandung

Pelatih Bali United Widodo C Putro bersama Hasim Kipuw saat menjalani sesi jumpa pers usai laga kontra Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017) sore. KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Pelatih Bali United Widodo C Putro bersama Hasim Kipuw saat menjalani sesi jumpa pers usai laga kontra Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017) sore.

Pelatih terakhir yang meninggalkan jabatannya sebelum musim berakhir adalah Widodo C. Putro alias WCP (Bali United). Widodo mengumumkan mundur saat kompetisi tinggal menyisakan dua pertandingan lagi.

Pada periode setelah Iwan dipecat hingga Widodo mundur, banyak terjadi perputaran pelatih di Liga 1. Ada pelatih yang mundur atau dipecat kemudian mendapatkan pekerjaan lagi di sesama tim Liga 1. Ada pula pelatih yang benar-benar menghilang dari kompetisi kasta tertinggi musim 2018.

Mereka yang pindah ke sesama tim Liga 1, antara lain adalah Rahmad Darmawan, Djadjang Nurdjaman, Peter Butler, sampai Angel Alfredo Vera. Sementara itu, pelatih yang menghilang di antaranya  adalah Rafael Berges, Alexander Saununu, Vincenzo Annese, dan Milomir Seslija.

Baca juga: Arema FC Incar Pelatih Asing untuk Gantikan Milan Petrovic

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X