Kompas.com - 14/12/2018, 11:20 WIB
Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts bersama striker Ferdinand Sinaga saat memberikan keterangan kepada awak media usai laga kontra Persib Bandung di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (23/5/2018) malam. KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIPelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts bersama striker Ferdinand Sinaga saat memberikan keterangan kepada awak media usai laga kontra Persib Bandung di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (23/5/2018) malam.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, menilai PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator kompetisi Liga 1 tidak menjalankan asas profesionalisme.

Sebagai seorang pelatih profesional, Robert Rene menilai kepastian jadwal merupakan hal paling fundamental dalam sebuah kompetisi.

Pasalnya, penjadwalan yang baik amat menentukan segalanya dalam sebuah dunia persepakbolaan.

"Sekali lagi, saya terkejut dan kita dapat baca di berita-berita bahkan mereka belum tahu liga kapan mulai. Tentu saja itu tidak profesional," ujar Robert Rene dikutip dari BolaSport.com.

Baca juga: PSM Makassar Sepakat dengan Rencana Kebijakan PT Liga Indonesia Baru

"Sekali lagi, sebagai coach profesional, saya terbiasa paling tidak satu bulan setelah liga berakhir, sudah tahu jadwal liga kapan akan dimulai lagi. Dengan begitu, tim dapat dipersiapkan dengan baik karena ini melibatkan banyak hal, termasuk kontrak pemain, persiapan pramusim," ucapnya menambahkan.

Akan tetapi, pelatih asal Belanda ini juga menyadari budaya dari bangsa Indonesia, tempatnya berkarier saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya juga sadar budaya Indonesia beda dengan di luar sana dan disebabkan oleh itu setiap waktu, jadwal pertandingan sepak bola harus menyesuaikan," katanya.

Lebih lanjut, Robert berharap hal-hal seperti ini dapat segera dibenahi ke depannya.

Baca juga: Soal Belanja Pemain, Robert Didukung Penuh Manajemen PSM Makassar

Dia berharap ke depannya PT LIB dapat menentukan jadwal yang sesuai dan teratur agar jalannya kompetisi dapat lebih baik.

"Kalau kita memang mau peningkatan dan sebenarnya kita bisa untuk itu, kita seharusnya lebih profesional dalam mengatur liga ini," ucap dia.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.