Kompas.com - 10/12/2018, 08:00 WIB

KOMPAS.com — Rahmad Darmawan mengaku tidak puas dengan kepemimpinan wasit pada laga Persija Jakarta versus Mitra Kukar pada pekan terakhir Liga 1 2018, Minggu (9/12/2018).

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Mitra Kukar kalah tipis 1-2. Hasil ini membuat Mitra Kukar mengakhiri musim di peringkat 17 atau dua terbawah dan harus terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Seusai laga, Rahmad Darmawan langsung mengkritik wasit terkait keputusan dalam proses dua gol Persija. Pertama, Rahmad Darmawan menganggap penalti yang diberikan untuk Persija pada menit ke-17 tidak sah.

“Jujur saya protes karena menurut saya Marko Simic tidak menguasai bola, tetapi okelah wasit sudah memberikan penalti itu karena saya yakin kami bisa bangkit,” kata Rahmad Darmawan dikutip dari BolaSport.com.

Baca juga: Ini Lawan dan Jadwal Persija pada Kualifikasi Liga Champions Asia 2019

Terkait dengan gol kedua, pelatih yang akrab disapa RD kesal karena wasit tidak melihat ada pelanggaran di kotak penalti. Sebelum Simic mencetak gol, terlihat Ramdani Lestaluhu menghalang-halangi kiper Mitra Kukar. 

“Saya coba datang ke asisten wasit satu. Saya mencoba melerai pemain saya. Saya bilang ke dia silakan lihat rekaman supaya lebih fair agar dia tahu kesalahannya,” kata RD.

“Sebenarnya itu pelanggaran karena arena itu penjaga gawang tidak boleh diganggu dalam peraturan sepak bola,” katanya menambahkan.

Baca juga: Degradasi, Manajemen PSMS Medan Pasrah dan Serahkan Semua ke Edy Rahmayadi

Meski mempertanyakan kepemimpinan wasit, RD tidak malu memberi selamat kepada Persija yang menjadi juara.

“Saya ucapkan selamat kepada Persija yang telah menjuarai Liga 1 2018," ucap mantan Pelatih Persija itu. 

"Kedua, terima kasih kepada pemain Mitra Kukar yang sudah memberikan satu attitude yang sangat baik karena memberikan perlawanan hari ini,” kata RD.

Selain Mitra Kukar, Sriwijaya FC dan PSMS Medan menjadi tiga tim yang harus teredegradasi ke Liga 2. Ketiganya akan digantikan oleh PSS Sleman, Kalteng Putra, dan Semen Padang. (Mochammad Hary Prasetya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.