Penuh Drama, River Plate Juara Copa Libertadores di Santiago Bernabeu

Kompas.com - 10/12/2018, 05:25 WIB
Para pemain River Plate merayakan gol ke gawang Boca Juniors pada pertandingan final Copa Libertadores di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018. AFP/OSCAR DEL POZOPara pemain River Plate merayakan gol ke gawang Boca Juniors pada pertandingan final Copa Libertadores di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018.

MADRID, KOMPAS.com - River Plate mengukukuhkan diri sebagai juara Copa Libertadores 2018 seusai memenangi drama final kedua melawan Boca Juniors, Minggu (10/12/2018) atau Senin dini hari WIB.

Ini adalah gelar keempat River Plate sepanjang keikut sertaannya di Copa Libertadores.

Bermain di Santiago Bernabeu, River Plate menang 3-1 pada laga yang berlangsung hingga perpanjangan waktu. River Plate berhak mengangkat trofi juara karena menang agregate 5-3.

Baca juga: River Plate Vs Boca Juniors - 5 Tanda Tanya soal Final Copa Libertadores yang Tertunda

Boca Juniors sebenarnya mampu mengimbangi permainan River Plate yang tampil lebih mendominasi. Boca bahkan unggul lebih dulu lewat gol Dario Benedetto pada menit ke-44.

River Plate baru bisa menyamakan kedudukan pada babak kedua lewat gol Lucas Pratto (67'). Skor 1-1 bertahan dan partai dilanjutkan melalui perpanjangan waktu. 

Untuk diketahui, Copa Libertadores tidak mengenal sistem gol tandang. Meski River Plate bisa mencetak dua gol saat bermain imbang 2-2 di kandang Boca, tetap tak dihitung. 

Baca juga: Gila! Fan River Plate Ingin Selundupkan Flare ke Stadion Pakai Tubuh Anak Kecil

Javier Pinola dan Cristian Pavon tampak berduel di udara pada laga final Copa Libertadores antara River Plate vs Boca Juniors di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018. AFP/OSCAR DEL POZO Javier Pinola dan Cristian Pavon tampak berduel di udara pada laga final Copa Libertadores antara River Plate vs Boca Juniors di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018.

Malapetaka menimpa Boca Juniors ketika harus bermain 10 orang pada menit ke-92. Wilmar Barrios tidak bisa melanjutkan pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, River Plate sukses mengurung Boca Juniors selama babak perpanjangan waktu.

River Plate baru bisa mencetak gol pada menit ke-109 lewat sontekan Juan Quintero. Boca Junior yang baru keluar menyerang tidak mampu mencetak gol penyeimbang dan justru kembali kebobolan pada akhir laga.

Gonzalo Martinez mengakhiri mimpi juara Boca Juniors lewat golnya pada menit ke-120.

Kemenangan River Plate ini menjadi sejarah karena menjadi juara Copa Libertadores edisi terakhir yang menggunakan sistem kandang tandang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X