Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs PSIS Semarang, Bajul Ijo Akhiri Liga 1 dengan Kemenangan

Kompas.com - 08/12/2018, 17:37 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan atas PSIS Semarang pada pertandingan pekan ke-34 atau laga pamungkas Liga 1 musim 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/12/2018).

Bajul Ijo, julukan Persebaya, menang dengan skor akhir 1-0. Gol Persebaya dicetak oleh Fandi Eko Utomo pada menit ke-56.

Sejak awal babak pertama, Persebaya yang mendapatkan dukungan penuh dari bonek langsung menyerang pertahanan PSIS Semarang.

David da Silva sempat mengancam gawang PSIS Semarang melalui aksi individunya pada menit keenam. Namun, penyelesaiannya masih kurang bagus sehingga tendangannya melenceng.

Baca Juga: Komdis PSSI Panggil Manajemen Sriwijaya FC Terkait Isu Pengaturan Skor untuk Laga Kontra Arema FC

Giliran PSIS Semarang mendapat kesempatan untuk membobol gawang Persebaya melalui tendangan keras yang dilesatkan oleh Komarudin. Namun, tendangannya masih bisa diantispasi oleh pemain belakang Persebaya.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim masih sama-sama belum mendapatkan gol dan berakhir dengan skor imbang 0-0.

Pada babak kedua, Persebaya berhasil unggul atas PSIS Semarang pada menit ke-56 melalui gol yang dicetak oleh Fandi Eko Utomo yang memanfaatkan bola rebound dari tendangan Rendi yang ditepis oleh Joko Ribowo.

Laga sempat dihentikan sejenak karena ada suar yang dinyalakan oleh penonton. Setelah kondisi aman, pertandingan kembali dilanjutkan.

Pada menit ke-73, David da Silva berhasil lepas dari jebakan offside dan melesatkan tendangan ke gawang PSIS, tetapi masih bisa diselamatkan oleh Joko Ribowo.

PSIS bukan tanpa serangan. Mereka sempat mendapat peluang emas melalui tendangan bebas dari Bruno, tetapi masih bisa diantisipasi oleh Miswar.

Namun, hingga pertandingan berakhir, skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Kemenangan ini membuat Persebaya mengumpulkan 50 poin hingga Liga 1 berakhir dan menempati peringkat kelima klasemen Liga 1. Sementara itu, PSIS Semarang masih bertahan di peringkat kesembilan dengan 46 poin.

Baca Juga: Kontrak Angel Alfredo Vera di Sriwijaya FC Akan Diperpanjang dengan Syarat Ini

Susunan pemain:

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; M. Syaifuddin, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi, Misbakus Solikin, Rendi Irwan (O.K. John 70'), Fandi Eko Utomo (Y. Pahabol 86'), Irfan Jaya, David da Silva, Oktafianus Fernando

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSIS Semarang: Joko Ribowo; Gilang Ginarsa, Petar Planic, Haudi A, Safrudin Tahar, M. Yunus (M. Wahyu 81'), Nerius Alom, Bayu Nugroho (Melcior Majefat 87'), Komarudin, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto

Pelatih: Jafri Sastra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com