Cedera Mesut Oezil Diduga karena Game Fortnite - Kompas.com

Cedera Mesut Oezil Diduga karena Game Fortnite

Kompas.com - 08/12/2018, 07:26 WIB
Mesut Oezil ditarik keluar oleh pelatih Unai Emery pada laga Arsenal vs Leicester City di Stadion Emirates, 22 Oktober 2018. AFP/GLYN KIRK Mesut Oezil ditarik keluar oleh pelatih Unai Emery pada laga Arsenal vs Leicester City di Stadion Emirates, 22 Oktober 2018.

LONDON, KOMPAS.com -  Mesut Oezil sudah absen dalam beberapa laga terakhir Arsenal karena cedera punggung. Gim Fortnite diduga jadi penyebab misterius gelandang asal Jerman itu. 

Penyelidikan mengenai asal mula cedera punggung yang dialami bintang Arsenal, Mesut Oezil, diungkap oleh media Inggris. Menurut Daily Mirror, cedera itu disebabkan lantaran kebiasaannya bermain game online.

Salah seorang fan Arsenal mengaku memantau portal statistik game online "Fortnite" pada akun Mesut Oezil. Laporan Daily Express mengklaim bahwa akun gelandang berdarah Turki tersebut telah 5.221 kali memainkan game aksi, Fortnite.

Untuk diketahui, rata-rata satu kali bermain membutuhkan waktu waktu 20 menit. Ketika dikalkulasi, Oezil sudah bermain selama 1.740 menit alias 72 hari.

Baca juga: Masa Depan Mesut Oezil di Arsenal Masih Belum Jelas

 

Angka itu menunjukkan bahwa Oezil rata-rata dalam sehari, bermain Fortnite selama lima jam! 

Ahli fisik olahragawan dari Departemen Pencegahan dan Rehabilitasi Universitas Koeln, Ingo Frobose, menyatakan kepada media Jerman, Bild, bahwa bermain gim terlalu sering dapat membahayakan karier sang pemain.

"Ya, gim itu (Fortnite) dapat menyebabkan masalah pada punggung Oezil. Seorang atlet (yang berkarier) di ajang kompetitif akan merasakan dampak pelemahan lebih cepat daripada non-atlet," tutur Frobose, Jumat (7/12/2018).

Mesut Oezil tampak tengah mempromosikan Twitch dan bermain Fortnite saat mengunggah foto ini di Twitter pribadinya, 18 Oktober 2018. TWITTER.com/MESUTOZIL1088 Mesut Oezil tampak tengah mempromosikan Twitch dan bermain Fortnite saat mengunggah foto ini di Twitter pribadinya, 18 Oktober 2018.

"Struktur fisik Oezil sudah terkuras karena intensitas latihannya. Sementara itu, seseorang yang bukan atlet tidak mengalaminya," katanya melanjutkan.

Pelatih Arsenal, Unai Emery, menyatakan belum bisa mengonfirmasi apakah pemain 30 tahun tersebut bakal bisa diandalkan timnya saat menghadapi Huddersfield Town, Sabtu (8/12/2018) pukul 22.00 WIB, dalam laga pekab ke-16 Liga Inggris.

"Kami tengah mengusahakan dengan fisioterapis di lapangan. Oezil sudah berlari dan menyentuh bola, tetapi keputusan untuk dimainkan akan diambil esok hari," ucap Emery.

Baca juga: Konflik Tak Terlihat Mesut Oezil dengan Unai Emery

Sebelumnya, pemain lain yang mengalami masalah karena candu bermain gim ialah pemain sayap Barcelona asal Perancis, Ousmane Dembele.

Keranjingan bermain gim disebut-sebut membuat Dembele terlambat hingga mangkir dari sesi latihan tim. Pada akhirnya menyebabkan dirinya dipinggirkan dari skuat El Barca dalam beberapa laga terakhir.

Mesut Oezil kali terakhir tampil membela Arsenal pada laga Premier League - kasta teratas Liga Inggris - terjadi pada 11 November lalu. Setelah itu, dia hanya duduk di bangku cadangan pada laga melawan Bournemouth dan absen pada dua pertandingan terakhir.

Merujuk pada akun Twitter pribadinya, Oezil tampak sudah berlatih bersama Arsenal. Namun, dia juga mengaku masih merasakan nyeri pada punggungnya.  (Ahmad Tsalis) 



Close Ads X