Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.000 Petugas Gabungan Disiagakan di Laga Persija Vs Mitra Kukar

Kompas.com - 07/12/2018, 16:38 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 3.000 personel gabungan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI siap mengamankan pertandingan Liga I 2018 antara Persija Jakarta kontra Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (9/12/2018).

"Minggu ada kegiatan sepak bola antara Persija dengan Mitra Kukar di Stadiun Utama GBK, kami kerahkan 3.000 personel," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono dikutip dari Antara, Jumat (7/12/2018).

Argo mengatakan personel gabungan itu akan mengamankan pertandingan yang menentukan nasib Persija untuk meraih gelar juara Liga I 2018. 

Baca juga: Pemprov DKI Gelar Nobar Persija Vs Mitra Kukar di Kantor Kelurahan

Argo menuturkan aparat juga akan mengamankan jalur rombongan kedua tim dari hotel yang menjadi tempat menginap hingga SUGBK dan sebaliknya.

"Anggota juga ditempatkan di sekitar stadion termasuk lingkaran dan pintu masuk stadion," ujar Argo.

Aparat keamanan menetapkan empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah  personel, kemudian menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan.

Baca juga: Ditawari Bermain di Eropa, Marko Simic Pilih Bertahan di Persija

"Kalau kami harus alihkan ya dialihkan, kalau tidak ya contra flow, atau buka tutup. Teknis dan taktis di lapangan nanti Dirlantas yang akan melaksanakan di lapangan," katanya.

Argo mengimbau pendukung Persija atau Jakmania dapat menjadi contoh penonton yang memiliki etika tinggi.

Jakmania harus bisa dicontoh seluruh pencinta sepak bola di daerah lain, memberikan teladan saat memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, serta tidak melakukan kegiatan yang dilarang.

Baca juga: Persija Vs Mitra Kukar Digelar di SUGBK, Teco Berterima Kasih

"Misalnya membawa sanjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan aturan. Kita semuanya harus melakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Argo memastikan aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter sepak bola saat memasuki kawasan stadion guna menghindari benda berbahaya, seperti kembang api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com