Penyerang Penakluk Timnas U-19 Indonesia Bersinar di Liga Spanyol

Kompas.com - 07/12/2018, 10:45 WIB
Pemain timnas U-19 Korea Selatan, Lee Kang-in berseragam Valencia.DOK. LA LIGA Pemain timnas U-19 Korea Selatan, Lee Kang-in berseragam Valencia.

KOMPAS.com - Penyerang timnas U-19 Korea Selatan, Lee Kang-in, menunjukkan perkembangan pesat bersama Valencia. Alhasil, dia ditawari kontrak yang bernilai fantastis.

Lee Kang-in merupakan bagian dari skuad Korsel ketika mengalahkan timnas U-19 Indonesia 4-0 pada kualifikasi Piala Asia U-19 2017.

Kini penyerang berkaki kidal itu melakukan langkah besar untuk debutnya di La Liga senior dalam beberapa bulan terakhir.

Dari Incheon ke Valencia

Pria kelahiran Incheon itu memiliki awal karier yang cepat sebagai bintang sepak bola. Dia menuai ketenaran di Korea setelah membintangi acara reality show sepak bola, Shoot Dori, pada usia enam tahun.

Valencia kemudian membawanya ke Spanyol pada tahun 2011 untuk bergabung dengan jajaran pesepak bola muda di salah satu akademi klub La Liga, Paterna (Valencia).

Di Spanyol, Lee beradaptasi dengan cepat dan menuai sukses di berbagai jenjang umur. Salah satu yang mengesankan adalah ketika Lee membantu tim Alevines (U-12) mencapai final turnamen sepak bola bergengsi untuk usia muda.

Lee kemudian sukses dalam debut di tim Valencia Mestalla B pada Desember 2017 ketika masih berusia 16 tahun.

Baca Juga: Luis Suarez Khawatir Bermain Bersama Messi dan Neymar

Miguel Grau, pelatih yang membawa Lee menembus ke skuad senior, mengaku terkesan dengan perkembangan anak asuhnya itu. Menurutnya, Lee akan menjadi pemain sukses karena memiliki bakat dan ambisi yang kuat.

Bersama Grau, Lee tampil dalam 10 pertandingan Segunda B (tingkat ketiga) pada musim 2017-2108.

"Dia memiliki ambisi dan bakat yang menakjubkan. Pada era sekarang, sangat sulit menemukan pemain berbakat yang mau berlatih dengan keras seperti Kang-in," ujar Miguel Grau dalam rilis yang diterima BolaSport.com dari La Liga.

"Orang-orang yang mengenalnya yakin bahwa dia akan memiliki masa depan yang cemerlang," tutur Grau menambahkan.

Halaman:



Close Ads X