Ini Beda FIFA Award, UEFA Award dan Ballon d'Or - Kompas.com

Ini Beda FIFA Award, UEFA Award dan Ballon d'Or

Kompas.com - 04/12/2018, 12:05 WIB
Gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric, mengangkat trofi Ballon dOr 2018 saat upacara penghargaan FIFA Ballon dOr 2018 di Grand Palais, Paris, pada 3 Desember 2018.FRANCK FIFE/AFP Gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric, mengangkat trofi Ballon dOr 2018 saat upacara penghargaan FIFA Ballon dOr 2018 di Grand Palais, Paris, pada 3 Desember 2018.

KOMPAS.com - Gelandang tim nasional Kroasia dan Real Madrid, Luka Modric, baru saja dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2018.

Penghargaan itu melengkapi pencapaian Modric secara individu sepanjang 2018. Sebelumnya, sang playmaker menyabet penghargaan pemain terbaik FIFA dan pemain terbaik UEFA.

Tiga penghargaan yang diraih Modrid merupakan tiga penghargaan yang berbeda. Namun punya keterkaitan satu sama lain pada masa lalu.

Dari tiga penghargaan tersebut, Ballon d'Or tercatat menjadi yang paling tua karena sudah berlangsung sejak tahun 1956.

Baca juga: Raih Ballon dOr 2018, Luka Modric Merasa Terhormat dan Bangga

Ballon d'Or merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh majalan sepak bola asal Perancis, France Football untuk para pesepak bola Eropa. Dalam perkembangannya, ajang ini turut melibatkan peran serta badan sepak bola Eropa, UEFA.

Seiring berjalannya waktu, Ballon d'Or tidak hanya diberikan untuk pemain asli Eropa. Pesepak bola non-Eropa yang bermain di Eropa pun memiliki kesempatan mendapatkannya.

Pesepak bola Liberia yang pernah bermain di AC Milan, George Weah, tercatat sebagai pemain non-Eropa pertama yang meraih Ballon d'Or. Ia meraihnya pada tahun 1995.

Baca juga: Patahkan Dominasi Ronaldo-Messi, Luka Modric Raih Ballon dOr 2018

Gelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luka Modric, terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia pada acara penganugerahan The Best FIFA Football Awards di London, 24 September 2018. AFP/BEN STANSALL Gelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luka Modric, terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia pada acara penganugerahan The Best FIFA Football Awards di London, 24 September 2018.

Sementara itu, mulai tahun 1991, badan sepak bola dunia, FIFA juga mengadakan penghargaan. Nama lengkapnya FIFA World Player of the Year.

Hingga tahun 2009, FIFA World Player of the Year dan Ballon d'Or menjadi dua penghargaan yang berjalan terpisah. FIFA World Player of the Year untuk pesepak bola seluruh dunia, sedangkan Ballon d'Or untuk yang bermain di Eropa.

Baca juga: Daripada Modric, Cavani Lebih Jagokan Pemain Perancis Raih Ballon dOr

Walau diperuntukan pemain seluruh dunia, sejak awal diselenggarakan, peraih FIFA World Player of the Year selalu jatuh pada pesepak bola yang bermain di Eropa. Bahkan seringkali jatuh pada pemain yang juga meraih Ballon d'Or.

Hingga akhirnya pada 2010, kedua ajang tersebut disatukan dengan nama FIFA Ballon dÓr.

Gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric (tengah), saat menerima trofi penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2017-2018 dari Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (kanan), dalam pengundian fase grup Liga Champions di The Grimaldi Forum, Monako, pada 30 Agustus 2018.VALERY HACHE/AFP Gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric (tengah), saat menerima trofi penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2017-2018 dari Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (kanan), dalam pengundian fase grup Liga Champions di The Grimaldi Forum, Monako, pada 30 Agustus 2018.

Hadirnya FIFA Ballon d'Or tak lantas membuat UEFA tak lagi mengadakan ajang penghargaan. Pada tahun yang sama, UEFA menyelenggarakan UEFA Men's Player of the Year Award. Ajang tersebut masih berlangsung hingga 2018.

Di sisi lain, kerja sama antara FIFA dan France Football melalui FIFA Ballon d'Or hanya berlangsung hingga 2015.

Baca juga: Daftar Peringkat Ballon dOr 2018, Lionel Messi Terlempar dari 3 Besar

Sejak 2016, FIFA sudah mengadakan ajang sendiri dengan nama The Best FIFA Football Award. Ajang tersebut juga masih berlangsung hingga 2018.

Berakhirnya kerja sama dengan FIFA juga tak lantas membuat Ballon d'Or tiada. Ajang tersebut masih eksis diselenggarakan oleh France Football hingga kini.

Secara rutin, UEFA Men's Player of the Year Award diselenggarakan pada bulan Agustus, The Best FIFA Football Award pada September dan Ballon d'Or pada Desember.


Terkini Lainnya


Close Ads X