Bermain Imbang, Usakti Buka Peluang Juara - Kompas.com

Bermain Imbang, Usakti Buka Peluang Juara

Kompas.com - 04/12/2018, 11:02 WIB
Duel seru tergelar antara putri Universitas Trisakti (Usakti) dan Univ. Budi Luhur (UBL) pada Senin (3/12). Kedua tim  pun akhirnya berbagi angka dalam laga di GOR Basket Stadion Patriot Bekasi  yang berakhir dengan skor 4-4 itu.
Duel seru tergelar antara putri Universitas Trisakti (Usakti) dan Univ. Budi Luhur (UBL) pada Senin (3/12). Kedua tim pun akhirnya berbagi angka dalam laga di GOR Basket Stadion Patriot Bekasi yang berakhir dengan skor 4-4 itu.

JAKARTA, Kompas.com - Duel seru tergelar antara putri Universitas Trisakti (Usakti) dan Univ. Budi Luhur (UBL) pada Senin (3/12). Kedua tim  pun akhirnya berbagi angka dalam laga di GOR Basket Stadion Patriot Bekasi  yang berakhir dengan skor 4-4 itu.

Bagi Usakti, hasil ini membuat kesempatan untuk menjadi juara masih terbuka namun tidak untuk UBL karena tambahan satu poin ini, tak lagi mencukupi., meski masih ada satu pertandingan tersisa.

Usakti mencoba menjaga kans mereka menjuarai kompetisi setelah memenangi dua laga pertama mereka. Ambisi itu terlihat dengan gol pembuka di menit keenam. Elsa Kronica Br. Munthe (8) menjaringkan bola muntah usai terkena mistar hasil tembakan kapten Usakti, Natasya Putri Annisa (7), dari tengah lapangan.

UBL merespons cepat. Semenit kemudian, Cahyani Sri Wulandari (12) memasukkan bola operan buruk pemain belakang Usakti.

Usakti, yang tampil dengan seragam hijau, ganti tertekan. UBL meraih hasil tekanan itu. Pada menit ke-13, kapten UBL, Rahma Wulan Aprilita (15) melesatkan bola ke pojok atas gawang Usakti setelah memotong aliran bola lawan di depan lingkaran pertahanan. Dua menit kemudian, Akifah Salsabila (8) membuat gol tembakan dari luar lingkaran.

Usakti bisa mempersempit ketertinggalan di menit ke-18. Elsa (8) mencetak gol keduanya melalui aksi individual sebelum menembakkan bola ke pojok tiang jauh.

Usakti racikan Syahroni menguasai permainan di babak kedua laga di GOR Basket Patriot, Bekasi, ini. Namun, mereka kehilangan fokus di pertahanan. UBL memanfaatkannya untuk mencetak gol keempat. Di menit ke-32, tembakan Dinda Rahma Fajrani (13) bersarang di pojok kiri atas gawang Usakti menyusul kick-in.

Upaya Usakti untuk menyamakan skor menelurkan drama di pengujung laga. Di semenit terakhir, Usakti memanfaatkan kegugupan pertahanan UBL untuk menyeimbangkan kedudukan. Anggita Oktaviany (13) menjadi penyelamat Usakti dengan dua golnya di bagian akhir duel ini.

Gol ketiga Usakti lahir dari sundulan Anggita menyambut umpan dari sepak pojok. Beberapa detik kemudian, sebuah serangan balik berakhir dengan aksi Anggita melesakkan bola di depan gawang UBL yang berawal dari tembakan Nurul Khodiyyah (10) dan membuat skor berubah menjadi 4-4.

Satu poin membuat kans UBL untuk menjadi juara praktis tertutup. UBL asuhan Pola Kurnady baru mengumpulkan empat poin dari tiga laga. Laga terakhir mereka kontra Univ. Indonesia (UI) Selasa (4/12/2018) bisa jadi memperebutkan peringkat ketiga. Bila menang, UBL masih berpeluang finis sebagai runner-up.

Satu angka membuat Usakti tetap berpeluang menjuarai turnamen ini. Dengan koleksi tujuh poin, Usakti berada di peringkat kedua. Pertemuan terakhir dengan Univ. Negeri Jakarta (UNJ) akan bermakna perebutan gelar. UNJ berada di puncak klasemen hingga hari keenam ini dengan perolehan sembilan angka.

Pada laga lain,Skuat putri Universitas Indonesia (UI) menorehkan kemenangan tipis saat menghadapi Univ. Pelita Harapan (UPH)  dengan skor 4-3. Pada laga lain,Skuat putri Universitas Indonesia (UI) menorehkan kemenangan tipis saat menghadapi Univ. Pelita Harapan (UPH) dengan skor 4-3.

Pada laga lain, skuat putri Universitas Indonesia (UI) menorehkan kemenangan tipis saat menghadapi Univ. Pelita Harapan (UPH)  dengan skor 4-3. Kemenangan ini adalah yang pertama diraih UI dari tiga laga.

Kesusahan UI yang tampil dengan kostum kuning meraih poin penuh ini tak hanya terlihat dari skor tipis. UPH yang dilatih Efraim Ferdinand Bawole tampil lebih tajam setelah medio babak pertama.

UPH unggul lebih dulu di menit ke-12. Prajnacita Sidharta (5) melanjutkan keberhasilannya memotong aliran bola UI. Gol ini membayar kegagalan penalti Roswitha Lishna (99) beberapa saat sebelumnya.

UI menajam di bagian akhir babak pertama duel di GOR Basket Patriot, Bekasi, ini. Di menit ke-18, Hutami Isnaini (22) meneruskan kick-in Kelly Adelina Auyan (11). Semenit berselang, giliran Adelina yang menggetark an jala gawang UPH dengan tembakan dari luar lingkaran. Skor 2-1 untuk UI bertahan sampai babak pertama usai.

Duel langsung sengit di awal babak kedua. Di menit ke-22, Fasya Dwi Aryana (2) membawa UI unggul 3-1 memanfaatkan kelengahan pertahanan UPH. Masih di menit yang sama, andalan UPH, Prajnacita, mencetak gol keduanya, kembali lewat aksi mencuri bola dari penguasaan UI.

UI mengubah skor menjadi 4-2 di menit ke-25. Kapten mereka, Jesmymer Stephanie (9), melesatkan gol tembakan dari luar lingkaran.

UPH baru dapat menarik hasil tekanan mereka di menit ke-35. Elyana (73) menempatkan bola di pojok kiri gawang UI setelah mencuri bola di dalam lingkaran UI. Namun, UPH gagal menyamakan kedudukan sampai akhir laga.

Dengan tiga angka ini, UI besutan Fajri Indrawansyah meninggalkan UPH di dasar klasemen. UPH telah merampungkan perjalanan mereka di kompetisi ini. UI akan mencoba melanjutkan kemenangan saat bertemu Univ. Budi Luhur (UBL) pada



Close Ads X