Kompas.com - 01/12/2018, 15:32 WIB
Piala Indonesia 2018 Abdurrahman NaufalPiala Indonesia 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI mengusulkan agar juara Piala Indonesia 2018 berlaga pada Piala AFC 2020. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menambah prestise turnamen tersebut.

Ketua Organizing Committee Iwan Budianto mengatakan pihaknya sudah mengirim surat ke AFC terkait usulan tersebut.

"Ini tentu menambah prestise turnamen serta menjadi motivasi para klub untuk meraih juara," kata Iwan dikutip dari laman PSSI, Jumat (30/11/2018).

Turnamen Piala Indonesia 2018 dimulai pada bulan Mei dan saat ini sudah memasuki babak 64 besar. Turnamen yang diikuti 128 klub dari tiga kasta yakni Liga 1,2 dan 3 ini akan berakhir pada Maret 2019.

Piala Indonesia diharapkan bisa dijadikan klub-klub peserta untuk mendapatkan laga kompetitif pada jeda kompetisi liga yang berakhir pada Desember nanti.

Baca juga: Hasil Undian Piala AFC 2019 untuk 2 Klub Indonesia

Menurut Iwan, hingga saat ini Piala Indonesia 2018 berjalan dengan baik dan lancar. Pihaknya akan berupaya memperbaiki kekurangan yang ada.

"Setelah menyelesaikan babak 64 besar pada bulan Desember, mulai Januari kami gelar babak 32 besar yang sudah dengan format kandang dan tandang hingga final yang direncanakan Maret 2019 mendatang," tambah pria yang juga Kepala Staf Ketua Umum PSSI tersebut.

Piala AFC merupakan kompetisi antarklub se-Asia tingkat dua setelah Liga Champions Asia. Saat ini, Indonesia mendapat jatah dua klub untuk tampil dalam kompetisi yang diibaratkan Liga Europa-nya Asia itu.

Baca juga: Dua Gol Pemain Persija Masuk Nomine Gol Terbaik Piala AFC 2018

Dua jatah tersebut masih diperuntukan bagi dua tim peringkat atas Liga 1. Namun bila tim peringkat satu berhasil lolos melewati kualifikasi Liga Champions Asia, maka satu jatah yang ditinggalkan diberikan untuk tim peringkat ketiga.

Persibo Bojonegoro menjadi tim terakhir yang menjadi juara Piala Indonesia 2012 yang mewakili Indonesia pada ajang Piala AFC Cup 2013. Saat itu Persibo bermain di AFC Cup 2018 bersama Semen Padang yang meraih gelar juara Liga Indonesia 2012.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X