Jalan Terjal Persib Rengkuh Gelar Juara Liga 1 U-19

Kompas.com - 27/11/2018, 22:00 WIB
Persib U-19 saat berselebrasi usai menjuarai Liga 1 U-19. Di partai final, Persib menang 1-0 atas Persija Jakarta di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (26/11/2018) kemarin. Persib.co.idPersib U-19 saat berselebrasi usai menjuarai Liga 1 U-19. Di partai final, Persib menang 1-0 atas Persija Jakarta di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (26/11/2018) kemarin.

BANDUNG, KOMPAS.com - Skuad muda Persib Bandung sukses merengkuh gelar juara Liga 1 U-19 2018. Titel tersebut diraih pasukan Maung Ngora dengan susah payah.

Jalan terjal dihadapi Persib pada awal liga bergulir. Pada fase grup, Persib tergabung dengan Bali United, Persebaya Surabaya, Madura United, Barito Putera dan Persela Lamongan.

Pada putaran pertama, Persib hanya meraih satu kemenangan, dua kali seri, dan dua kali kalah dari lima laga yang dilakoni.

Baca juga: Bek Filipina Penghadang Penyerang Timnas Indonesia di Jakarta Resmi Tinggalkan Piala AFF 2018

"Kami pada awal terseok-seok karena sulit mendapat kemenangan," kata Pelatih Persib U-19 Budiman, Selasa (27/11/2018).

Titik kebangkitan Persib terjadi pada putaran kedua. Syafril Lestaluhu dan kawan-kawan mampu meraih empat kemenangan dan sekali seri.

Namun, kebangkitan Persib tak membuat anak asuh Budiman berada di posisi puncak klasemen. Persib bahkan lolos ke babak 8 besar dengan status salah satu peringkat tiga terbaik.

Meski begitu, tren positif itu terus berlanjut. Pada babak 8 besar Persib menyapu bersih kemenangan sebelum menang 1-0 atas Persija Jakarta lewat gol Ilham Qolba.

"Tetapi pada putaran kedua mulai bangkit dan naik. Alhamdulillah di final bisa kalahkan Persija. Saat lawan Persija bukan cuma adu teknik dan fisik, tapi juga mental," papar Budiman.

Di ruang ganti, Budiman sempat menekankan agar anak asuhnya tampil total lantaran partai final merupakan momentum langka.

"Ini waktu final yang saya tekankan ke anak-anak, buktikan sama kalian, kesempatan seperti ini tidak akan terulang dua kali," tandas Budiman.

Atas capaian itu, Persib diganjar hadiah uang tunai Rp 300 juta. Gelar tersebut dilengkapi capaian individu di mana kapten Persib Syafril Lestaluhu didapuk sebagai pemain terbaik dan Beckham Nugraha Putra menggondol sepatu emas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X