Tahan Indonesia Tanpa Gol, Filipina ke Semifinal Piala AFF 2018

Kompas.com - 25/11/2018, 21:15 WIB
Pesepak bola Indonesia Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Filipina Alvaro Linares Silva (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018).Akbar Nugroho Gumay Pesepak bola Indonesia Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Filipina Alvaro Linares Silva (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Timnas Indonesia bermain imtang tanpa gol melawan Filipina pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018).

Hasil ini sudah cukup bagi Filipina ke babak semifinal turnamen  dua tahunan tersebut. Mereka mendampingi Thailand yang pada laga lain menang 3-0 atas Singapura.

Pada babak pertama, timnas Indonesia yang main di depan pendukungnya sendiri menekan pertahanan Filipina terlebih dahulu.

Timnas Indonesia mendapat tendangan pojok setelah menekan pada menit ke-2. Namun, tendangan penjuru Andik Vermansah tak mampu disundul oleh Hansamu Yama.

Baca Juga: Skenario Juara Liga 1 2018 - Persib Tercoret, 3 Tim Masih Punya Kans Jadi Jawara

Setelah itu, Filipina mendapat kesempatan menyerang melalui serangan balik cepat. Beruntung, tendangan yang dilesatkan Schrock masih melebar dari gawang Indonesia.

Pada menit ke-12, Indonesia mendapat kesempatan melalui umpan yang dilesatkan oleh Beto. Namun umpan tersebut bisa dipatahkan oleh pemain belakang Filipina.

Phil Younghousband sempat mendapat perawatan setelah beradu kepala dengan Fachruddin. Hingga akhirnya, pemain Filipina itu harus diganti oleh Curt Dizon.

Selepas itu, Indonesia sedikit tertekan. Pada menit ke-28, pemain Filipina melesatkan tendangan melengkung namun masih bisa diantisipasi oleh Andritany. Skor 0-0 saat jeda.

Pada babak kedua, Filipina langsung melancarkan serangan. Namun serangan The Azkals masih bisa dipatahkan oleh pemain belakang tim Garuda.

Indonesia juga tak bisa membuat gol meski beberapa kali memberikan ancaman. Riko Simanjuntak berkali-kali dijatuhkan oleh pemain Filipina, termasuk pada menit ke-56 ketika dilanggar di dalam kotak terlarang tapi tak mendapatkan penalti.

Baca Juga: Jawaban Singkat Luis Milla terhadap Kerinduan Suporter Timnas Indonesia

Andritany melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-59. Dia menepis tendangan Ott yang menerima umpan silang sempurna dari Shrock.

Kiper Persija itu kembali melakukan penyelamatan gemilang selang satu menit setelah Sato melesatkan tendangan jarak jauh yang spekulatif sehingga Filipina mendapat tendangan pojok.

Halaman:



Close Ads X