Kompas.com - 22/11/2018, 09:10 WIB
Roy Keane dan Martin ONeill mendampingi tim nasional Irlandia berlatih pada Piala Eropa 2016, Jumat (17/6/2016). EMMANUEL DUNAND/AFPRoy Keane dan Martin ONeill mendampingi tim nasional Irlandia berlatih pada Piala Eropa 2016, Jumat (17/6/2016).

KOMPAS.com - Martin O'Neill dan Roy Keane kompak mengundurkan diri dari tim pelatih tim nasional (timnas) Republik Irlandia.

O'Neill resmi menanggalkan jabatan sebagai pelatih kepala, sedangkan Roy Keane mundur dari kursi asisten pelatih pada Rabu (21/11/2018) waktu setempat.

Martin O'Neill dan Roy Keane telah menangani timnas Republik Irlandia sejak 2013. Mereka juga mampu mengantarkan Repubik Irlandia melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Namun, O'Neill dan Keane tidak sanggup membuat Republik Irlandia memenangi laga kompetitif pada 2018. Bahkan, Republik Irlandia telah dipastikan terdegradasi dari Liga B Grup 4 UEFA Nations League.

Kondisi ini akhirnya membuat O'Neill dan Keane memilih mundur. Mereka merasa bertanggung jawab atas kegagalan Republik Irlandia melaju di UEFA Nations League.

Baca juga: Mauro Icardi Ingin Lionel Messi Kembali Perkuat Timnas Argentina

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Martin, Roy, dan manajemen tim atas pengaruh yang mereka berikan," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola Republik Irlandia (FAI), John Delaney, seperti dikutip BolaSport.com dari Sky Sports.

"Ada banyak sorotan selama Martin menangani timnas Republik Irlandia. Kiprahnya di Piala Eropa 2016 akan selalu dikenang suporter kami," ucapnya.

Baca juga: Julen Lopetegui Masuk Radar Pelatih Timnas Amerika Serikat

Martin O'Neill pun mengungkapkan kesedihannya karena harus berpisah dengan timnas Republik Irlandia.

"Saya mendapatkan kehormatan besar menangani timnas Republik Irlandia dalam lima tahun terakhir. Dengan berat hati saya harus meninggalkan peran ini," ucap Martin O'Neill.

"Menangani timnas senior Republik Irlandia merupakan ambisi saya seumur hidup dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada jajaran FAI karena memberikan saya kesempatan ini," katanya. (Wisnu Nova Wistowo)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X