17 Juli, Derbi Mawar Tersaji Setelah Menghilang 8 Tahun

Kompas.com - 21/11/2018, 17:44 WIB
Logo Leeds United. GFH CapitalLogo Leeds United.

KOMPAS.com - Duel bertajuk Roses Derby (Derbi Mawar) akan kembali tersaji setelah hilang dari peredaran selama 8 tahun. Petandingan yang juga dikenal sebagai Roses Rivalry ini melibatkan dua klub, yaitu Manchester United dan Leeds United.

Rivalitas antara Manchester United dengan Leeds United ini sudah terjadi cukup lama dan dikenal sebagai persaingan Mawar Merah (Manchester United) dan Mawar Putih (Leeds United).

Nama ini diambil dari sejarah perseteruan dua daerah, yaitu Lancashire (yang menjadikan mawar merah sebagai simbol daerah) dengan Yorkshire (mawar putih) yang pernah terlibat dalam perang bernama Wars of the Roses pada abad ke-15.

Baca Juga: Jabatan Direktur Olahraga Manchester United Masih Sebatas Wacana

Setelah Leeds United terdegradasi dari Premier League atau kasta teratas Liga Inggris pada akhir 2003-2004, pertemuan dengan Manchester United jadi sangat jarang terjadi.

Sejak kedua klub berkompetisi di kasta yang berbeda, Manchester United dan Leeds United hanya pernah bersua dua kali dalam ajang Piala FA (2009-2010) dan terakhir kali pada Piala Liga Inggris (2011-2012).

Kini, setelah 8 tahun tak pernah terjadi, Derbi Mawar akan kembali hadir meski hanya dalam laga uji coba yang digelar pada pra-musim 2019-2020 di Perth, Australia. Hal ini diungkapkan oleh seorang repoter olahraga BBC, Simon Stone, melalui akun Twitter-nya.

Pada pertemuan terakhir kedua tim, Manchester United meraih kemenangan 3-0 di Stadion Elland Road, tepatnya pada 21 September 2011. Dua gol Michael Owen dan satu dari Ryan Giggs menjadi penentu kemenangan Mawar Merah atas Mawar Putih. (Verdi Hendrawan)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X