Komentar Ponaryo soal Filipina yang Kini di Atas Indonesia

Kompas.com - 20/11/2018, 19:04 WIB
Para pemain timnas Filipina merayakan keberhasilan mereka lolos ke putaran final Piala Asia 2019.CBN.COM Para pemain timnas Filipina merayakan keberhasilan mereka lolos ke putaran final Piala Asia 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Timnas Filipina mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Padahal, dulu Filipina termasuk tim lemah.

Kini, tim berjulukan The Azkals justru sudah di atas Indonesia. Setidaknya bila mengacu peringkat FIFA dan keberhasilan Filipina lolos ke Piala Asia 2019.

Menanggapi hal tersebut, mantan pesepak bola nasional Ponaryo Astaman menilai, perlu datang langsung ke Filipina untuk mengetahui rahasia di balik perkembangan timnas mereka.

"Kita harus sama-sama ke Filipina untuk melihat apa yang mereka lakukan dalam 5 -10 terakhir," ucap Ponaryo usai menghadiri sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Baca juga: Piala AFF 2018, Bima Sakti Berharap Thailand Kalahkan Filipina

Mantan pesepak bola nasional Ponaryo Astaman saat menghadiri acara diskusi publik sepak bola Indonesia Juara di Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (20/11/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mantan pesepak bola nasional Ponaryo Astaman saat menghadiri acara diskusi publik sepak bola Indonesia Juara di Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Menurut Ponaryo, kekuatan antartim di Asia Tenggara kini memang cenderung merata. Sebab selain Filipina, mulai banyak negara lain yang mengalami perkembangan.

Atas dasar itu, Ponaryo tak menilai hasil drawing jadi alasan seandainya nanti timnas tak lolos dari fase grup.

Pada Piala AFF 2018, Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura dan Timor Leste.

"Drawing kita tidak bisa memilih. Setiap negara berkembang. Tidak ada lagi yang sangat lemah," ucap mantan geladang timnas tersebut.

Baca juga: Klasemen Piala AFF 2018, Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

Indonesia memang terancam tak lolos dari fase grup Piala AFF 2018. Indonesia dipastikan gagal ke semifinal jika Filipina menang atau setidaknya bermain imbang melawan Thailand pada laga di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11/2018).

Jika hal itu terjadi, duel Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Senayan, Jakarta, Minggu (25/11), tidak berpengaruh lagi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X