HWC 2018, Tim Indonesia Bawa Pulang Fair Play Award

Kompas.com - 20/11/2018, 09:47 WIB
Pemain dan tim official Indonesia bernyanyi bersama usai menerima plakat sebagai urutan 10 Homeless World Cup 2018 usai dikalahkan Rusia 9-3 di final Fundación Carlos Slim Trophy dalam Homeless World Cup (HWC) 2018 di Zocalo Capitalino, Mexico City, Minggu (18/11). Rusia berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 9-3 namun demikian Indonesia mendapatkan Ishmail Fair Play Award atau piala fair play terkait penampilannya di HWC 2018. Dok Adi Marsiela/HWC 2018Pemain dan tim official Indonesia bernyanyi bersama usai menerima plakat sebagai urutan 10 Homeless World Cup 2018 usai dikalahkan Rusia 9-3 di final Fundación Carlos Slim Trophy dalam Homeless World Cup (HWC) 2018 di Zocalo Capitalino, Mexico City, Minggu (18/11). Rusia berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 9-3 namun demikian Indonesia mendapatkan Ishmail Fair Play Award atau piala fair play terkait penampilannya di HWC 2018.

KOMPAS.com - Tim Indonesia menempati posisi ke-10 klasemen akhir Homeless World Cup (HWC) 2018 yang digelar di Meksiko, pekan ini. Meski demikian, Indonesia tetap berhak membawa pulang Richard Ishmail Fair Play Award atau Piala Fair Play.

“Tentunya penghargaan ini tidak disangka-sangka. Bagi kami ini melebihi kemenangan atas apa pun di HWC,” ujar manajer tim Indonesia, Yana Suryana, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (20/11/2018).

Penggagas sekaligus Presiden HWC Mel Young langsung menyerahkan piala itu kepada tim Indonesia.

Sebelumnya, dia menyerahkan piala untuk Colombia sebagai tim pendatang baru terbaik, berbagai penghargaan bagi pemain terbaik putra dan putri, serta pelatih terbaik putra dan putri.

Baca juga: HWC 2018, Indonesia dan Rusia Bersaing untuk Posisi 9

“Dalam keikutsertaan Indonesia dalam HWC sejak 2011, belum pernah sekalipun mendapatkan penghargaan seperti ini,” tuturnya.

“Kami tidak tahu bagaimana penilaiannya. Yang pasti tim Indonesia tidak pernah mendapatkan kartu dan tidak pernah protes ke wasit saat pertandingan,” tambah Yana.

Pada HWC 2018 ini, tim Indonesia menurunkan Rizal Ferdian Somawijaya (24), Eva Dewi Rahmadiani (34), Dego Z Arifin (25), Adam Riyaldi (21).

Ada juga Miftaul Maarif (19), M Fajar Priatna (25), Samsul Rizal (26), dan Yandi Abdul Rajab (24).

Mereka memiliki latar belakang berbeda-beda. Ada yang berasal dari keluarga kurang mampu, mantan pengguna narkoba, mantan narapidana, dan orang dengan HIV.

Baca juga: Cerita Eva Sang Perempuan Tangguh, Stigma Negatif hingga Lolos HWC di Meksiko

Yana memaparkan kehadiran tim Indonesia dalam HWC memang bukan mengejar prestasi dengan segala cara.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X