Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Sebut Bendera Merah Ganggu Momentumnya Juara MotoGP Valencia

Kompas.com - 19/11/2018, 17:25 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, kembali mengalami nasib sial saat menjalani balapan MotoGP Valencia musim ini, Minggu (18/11/2018). Dia terjatuh ketika sedang berusaha mengamankan posisi sebagai runner-up.

Rossi sudah melejit ke posisi depan saat balapan belum dihentikan akibat kondisi lintasan yang dianggap membahayakan. Namun saat balapan dilakukan kembali, Rossi gagal karena jatuh sehingga harus puas finis di urutan ke-13. Sebelum terjatuh di tikungan 12 saat balapan tersisa lima lap, Rossi sudah berada di posisi kedua.

Baca juga: Meskipun Meja Operasi Menunggu, Marc Marquez Tetap Akan Jalani Balapan dengan Kondisi Cedera)

Menanggapi hasil tersebut, pebalap dengan julukan The Doctor ini menganggap bendera merah yang dikibarkan sebagai pengganggu momentumnya.

"Bendera merah berkibar itu sungguh menyedihkan bagi saya karena saya sudah melaju sangat cepat saat itu," kata Rossi yang dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

"Saya punya komposisi ban yang tepat jika dibandingkan dengan Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Andrea Dovizioso (Ducati)," ujar dia.

"Itulah yang membuat saya tahu bahwa saya sebenarnya bisa menyalip mereka (Rins dan Dovizioso). Namun, tentu saja saya tidak menyangkal bahwa ada banyak genangan air yang berbahaya," tutur Rossi lagi.

Balapan MotoGP Valencia yang berjalan di bawah guyuran hujan deras memaksa race director mengibarkan bendera merah sebagai tanda bahwa balapan akan dimulai ulang alias restart. Keputusan ini diambil race director sebagai imbas dari banyaknya pebalap yang terjatuh saat balapan berlangsung.

Meski kecewa, Rossi mengakui bahwa keputusan itu merupakan hal bijak.

"Race director sudah bereaksi dengan baik, meskipun keputusan itu sudah berefek sangat buruk bagi saya. Saya sebenarnya bisa menang," kata Rossi.

Pencapaiannya pada MotoGP Valencia membuat Rossi aman di peringkat ketiga klasemen akhir MotoGP 2018. Dia mengungguli rekan setim sekaligus pesaing terdekatnya, Maverick Vinales, yang terjatuh sebelum bendera merah berkibar. (Bayu Nur Cahyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com