Rossi Sebut Bendera Merah Ganggu Momentumnya Juara MotoGP Valencia

Kompas.com - 19/11/2018, 17:25 WIB
Valentino Rossi terjatuh di MotoGP Valencia 2018 crash.netValentino Rossi terjatuh di MotoGP Valencia 2018

KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, kembali mengalami nasib sial saat menjalani balapan MotoGP Valencia musim ini, Minggu (18/11/2018). Dia terjatuh ketika sedang berusaha mengamankan posisi sebagai runner-up.

Rossi sudah melejit ke posisi depan saat balapan belum dihentikan akibat kondisi lintasan yang dianggap membahayakan. Namun saat balapan dilakukan kembali, Rossi gagal karena jatuh sehingga harus puas finis di urutan ke-13. Sebelum terjatuh di tikungan 12 saat balapan tersisa lima lap, Rossi sudah berada di posisi kedua.

Baca juga: Meskipun Meja Operasi Menunggu, Marc Marquez Tetap Akan Jalani Balapan dengan Kondisi Cedera)

Menanggapi hasil tersebut, pebalap dengan julukan The Doctor ini menganggap bendera merah yang dikibarkan sebagai pengganggu momentumnya.

"Bendera merah berkibar itu sungguh menyedihkan bagi saya karena saya sudah melaju sangat cepat saat itu," kata Rossi yang dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

"Saya punya komposisi ban yang tepat jika dibandingkan dengan Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Andrea Dovizioso (Ducati)," ujar dia.

"Itulah yang membuat saya tahu bahwa saya sebenarnya bisa menyalip mereka (Rins dan Dovizioso). Namun, tentu saja saya tidak menyangkal bahwa ada banyak genangan air yang berbahaya," tutur Rossi lagi.

Balapan MotoGP Valencia yang berjalan di bawah guyuran hujan deras memaksa race director mengibarkan bendera merah sebagai tanda bahwa balapan akan dimulai ulang alias restart. Keputusan ini diambil race director sebagai imbas dari banyaknya pebalap yang terjatuh saat balapan berlangsung.

Meski kecewa, Rossi mengakui bahwa keputusan itu merupakan hal bijak.

"Race director sudah bereaksi dengan baik, meskipun keputusan itu sudah berefek sangat buruk bagi saya. Saya sebenarnya bisa menang," kata Rossi.

Pencapaiannya pada MotoGP Valencia membuat Rossi aman di peringkat ketiga klasemen akhir MotoGP 2018. Dia mengungguli rekan setim sekaligus pesaing terdekatnya, Maverick Vinales, yang terjatuh sebelum bendera merah berkibar. (Bayu Nur Cahyo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.