UEFA Nations League, Inggris atau Kroasia Bakal Ikut Jerman Degradasi

Kompas.com - 18/11/2018, 13:44 WIB
Kapten Inggris, Harry Kane (putih) dan kapten Kroasia, Luka Modric (biru) pada laga kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League, di Stadion HNK Rijeka, Jumat (12/10/2018).AFP Kapten Inggris, Harry Kane (putih) dan kapten Kroasia, Luka Modric (biru) pada laga kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League, di Stadion HNK Rijeka, Jumat (12/10/2018).

KOMPAS.com - Inggris vs Kroasia akan menjadi laga pamungkas Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu (18/11/2018). Apapun hasil dari laga ini, salah satu di antara dua tim itu akan mengikuti jejak Jerman terderadasi ke Liga B.

Sebelum pertandingan, Ingris dan Kroasia sama-sama sudah mengoleksi empat poin dari tiga laga. Inggris kini menempati peringkat kedua klasemen karena unggul selisih gol atas Kroasia di posisi juru kunci.

Sementara itu, Spanyol yang sudah menuntaskan empat laga untuk sementara memimpin klasemen dengan koleksi enam poin.

Baca juga: Inggris Vs Kroasia - Kenangan Buruk dan 4 Probabilita The Three Lions

Dengan kondisi seperti ini, Spanyol sudah dipastikan tidak terdegradasi namun masih belum mengunci posisi puncak klasemen. Pemenang laga Inggris versus Kroasia akan menggeser Spanyol dari puncak klasemen dan melaju ke babak semifinal. 

Selain situasi grup, laga ini semakin menarik karena kenangan Piala Dunia 2018. Seperti diketahui, Kroasia adalah tim yang menghentikan laju Inggris mencapai final turnamen terakbar sepak bola tersebut.

Hingga saat ini sudah ada tiga tim yang dipastikan terdegradasi ke Liga B termasuk Jerman. Dua tim lainnya adalah Polandia dan Islandia.

Adapun Portugal menjadi satu-satunya tim yang sudah dipastikan lolos ke babak semifinal setelah menjadi pemuncak klasemen Grup A3. (Ahmad Tsalis) 

Baca juga: Inggris Vs Kroasia - Gareth Southgate: The Three Lions Sudah Pahami Permainan Luka Modric cs

Berikut adalah skenario lengkap Grup A4 terkait laga Inggris versus Kroasia:

- Inggris menang
Kroasia akan terdegradasi, Inggris menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

- Kroasia menang
Inggris akan terdegradasai, Kroasia menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

- Imbang dengan gol
Inggris akan terdegradasi, Kroasia naik ke peringkat dua, Spanyol menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

Inggris terdegradasi karena kalah gol tandang dari Kroasia. Di pertemuan pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol di kandang Kroasia.

- Imbang tanpa gol
Kroasia terdegradasi, Inggris di peringkat kedua karena unggul selisih gol, Spanyol menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X