Kemenpora Gelar Grand Final Pemuda Inspiratif - Kompas.com

Kemenpora Gelar Grand Final Pemuda Inspiratif

Kompas.com - 11/11/2018, 09:43 WIB
 Pemuda Inspiratif yang digelar Kemenpora bertujuan untuk mencari pemuda yang dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya Pemuda Inspiratif yang digelar Kemenpora bertujuan untuk mencari pemuda yang dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya

SERANG, Kompas.com - Lengkap sudah kontestan grand final Pemuda Inspiratif Serang. Kemenangan Sakiban dan Dahliansyah di Pemuda Inspiratif Serang yang digelar di Pendopo Kabupaten Serang membuat mereka menjadi dua kontestan terakhir grand final kompetisi yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenproa) Republik Indonesia.

Sakiban menang dengan idenya Sahabat Lansekap Indonesia (SALI), sementara Dahliansyah  yang mengusung bidang kewirausahaan dengan judul BuNyai. Kedua pemenang ini pun berhak menjadi wakil Serang untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Hari kedua Pemuda Inspiratif Serang diisi dengan banyak menarik. Mulai dari diselenggarakannya senam sehat mulai pukul 6 pagi dengan hadiah doorprize perabotan rumah tangga dan alat elektronik. Acara kemudian berlanjut dengan pemaparan 20 finalis Pemuda Inspiratif Serang yang terpilih dari seleksi yang digelar hari jumat (9/11).
Masing-masing finalis tersebut tampil percaya diri mempresentasikan ide kreatifnya. Tak terkecuali Sakiban dan Dahliansyah. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kompetisi dance yang diikuti ratusan peserta. Kegiatan pun berlanjut hingga awarding di malam hari.

Malam awarding ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora Djunaedi. Pada kesempatan tersebut ia mengungkapkan bahwa Pemuda Inspiratif yang digelar Kemenpora bertujuan untuk mencari pemuda yang dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya dalam bidang apapun.

“Semua peserta sudah melakukan yang terbaik. Tetaplah menjadi pemuda yang inspiratif, inovatif untuk sekitar dan menjadi pelopor untuk kemajuan bangsa,” ujarnya.
Setelah menang dari Pemuda Inspiratif Serang, Sakiban dan Dahliansyah tergabung dengan pemenang dari 15 kota lainnya yakni Lhokseumawe, Banda Aceh, Bukittingi, Padang, Polewali, Singkawang, Pontianak, Purwakarta, Bogor, Bandung, Mataram, Gresik, Kediri, Lamongan, serta Tangerang.

Nantinya, enam belas putra dan enam belas putri wakil dari 16 kota akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara nasional Pemuda Inspiratif. Kegiatan grand final akan dipusatkan di venue yang sama yakni Pendopo Kabupaten Serang pada 11 November.

Pada 10 November digelar press conference di Bubble Café Serang yang dihadiri oleh seluruh kontestan grand final Pemuda Inspiratif. Pada kesempatan tersebut, Akbar Halim panitia Pemuda Inspiratif mengungkapkan bahwa peserta harus benar-benar all-out.

Kegiatan press conference ini, diikuti antusias salah satunya adalah Cut Mirna Rita yang merupakan pemenang Pemuda Inspiratif Lhokseumawe. Icut, sapaan akrabnya, menang berkat idenya di bidang lingkungan yakni Filterisasi Limbah Rumah Tangga Ramah Lingkungan. “Ide yang saya ciptakan nantinya akan mampu mengurangi limbah sekaligus menciptakan air yang lebih bersih,” ujarnya.

Sebelum menghadiri press conference, para kontestan grand final Pemuda Inspiratif mengikuti senam pagi di Pendopo Kabupaten Serang yang kemudian dilanjutkan dengan agenda outbound. “Saat kompetisi nanti kami memang akan saling bersaing, tapi sebelum dan setelah kompetisi selesai saya dan kontestan dari kota lain adalah teman. Kegiatan outbound ini sangat seru sekali,” ungkap Arman Maulana, kontestan grand final asal Purwakarta.




Close Ads X