Menu Bergizi untuk Pemain Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 - Kompas.com

Menu Bergizi untuk Pemain Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018

Kompas.com - 09/11/2018, 07:20 WIB
SKUAD TIMNAS INDONESIA PIALA AFF 2018KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo SKUAD TIMNAS INDONESIA PIALA AFF 2018

SINGAPURA, KOMPAS.com - Makanan bagi pemain timnas Indonesia sangat diperhatikan dalam ajang Piala AFF 2018. Makanan bergizi yang terdiri dari empat sehat lima sempurna menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi para pemain.

Dokter timnas Indonesia, Syarif Alwi, mengatakan bahwa dirinya berkoordinasi dengan koki hotel aga bisa menyediakan makanan yang bergizi tersebut untuk pemain.

"Kami selalu berkoordinasi dengan koki hotel agar para pemain mendapat menu makan sesuai standar atlet. Menu setiap hari harus ada sayur, buah, karbohidrat, protein, yogurt, dan ditambah vitamin," kata Syarif Alwi seperti yang dilansir dari PSSI.org.

Baca Juga: Piala AFF 2018 - Andai Ada Spaso di Timnas Indonesia

Makanan juga tidak boleh ada santan, jangan terlalu asin, jangan terlalu manis, dan tidak pakai MSG," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, pemain dilarang mengonsumsi makanan pedas dan mengandung minyak, serta tidak boleh jajan di luar. Bahkan, jika pemain merasa lapar pihak hotel sudah menyediakan menu snack untuk mengisi perut.

"Pemain dilarang memakan makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas. Kerupuk juga tidak boleh ada di menu kami. Pemain juga tidak boleh jajan di luar," ujar sang dokter.

Baca Juga: Timnas Indonesia, 11 Isi Hati Beto Goncalves

"Pemain sangat mematuhi aturan ini, kalaupun mereka lapar di luar jam makan ada menu snack yang disediakan pihak hotel," katanya menambahkan.

Pemain timnas, Stefano Lilipaly, merasa menu makanan dan aturan yang diterapkan ini sangat membantu kondisi dan kebugaran pemain.

"Kami sebagai pemain profesional dan sedang membela Timnas Indonesia sangat senang dengan aturan ini. Menu makanan kami juga tidak ada masalah, karena itu bagus untuk kami juga. Selain itu kami juga harus pandai mengatur waktu terutama jam istirahat agar tampil maksimal dalam setiap pertandingan," kata Lilipaly.

Skuad Garuda akan menghadapi laga perdana melawan Singapura di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018) pukul 19.00 WIB.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X