Kompas.com - 09/11/2018, 07:09 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

VIENTIANE, KOMPAS.com - Tim nasional Vietnam mengawali kiprahnya di Piala AFF 2018 dengan hasil positif. Bertandang melawan Laos di Stadion Nasional KM16 di Vientiane, Laos, Kamis (8/11/2018), Nguyen Quang Hai Cs mengempaskan tuan rumah 3-0.

Tiga gol Vietnam masing-masing dicetak Nguyen Cong Phuong pada menit ke-11, Nguyen Anh Duc pada menit ke-45, dan Nguyen Quang Hai pada menit ke-68.

Pada laga melawan Laos, Vietnam benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Mereka menguasai bola hingga 80 persen.

Baca juga: Piala AFF 2018 Dimulai Hari Ini

Tak cuma itu, Vietnam juga menciptakan 10 peluang dengan delapan di antaranya tepat sasaran. Jauh berbanding terbalik dengan Laos yang hanya menciptakan dua peluang dan kebetulan keduanya tepat sasaran.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengatakan kemenangan di laga perdana merupakan bekal yang bagus. Secara permainan, Park menyebut timnya sudah menerapkan lebih banyak alternatif dan tidak hanya terpaku di satu taktik.

“Targetnya memenangi tiga poin yang kami lakukan dan itu penting. Kami menciptakan banyak peluang, walaupun tidak semuanya menghasilkan gol," ucap Park.

Selain Laos kontra Vietnam, laga lain di Grup A juga mempertemukan Kamboja melawan Malaysia. Dalam laga yang dihelat di Stadion Nasional Olimpik Phnom Penh itu, Malaysia menang 1-0 atas tuan rumah.

Baca juga: Piala AFF, Malaysia Raih Kemenangan pada Laga Perdana

Grup A akan menghelat pertandingan kembali pada Senin (12/11/2018). Pada dua laga selanjutnya, Malaysia akan menjamu Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, sedangkan Kamboja bertandang ke Myanmar melawan tuan rumah di Stadion Mandalar Thiiri, Mandalay.

Sementara itu, Grup B akan memulai pertandingan pada Jumat (9/11/2018). Ada dua laga yang akan dimainkan, masing-masing Singapura melawan Indonesia di Stadion Nasional Singapura dan Timor Leste melawan Thailand di Stadion Rajamangala.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Piala AFF, Malam Ini Indonesia Vs Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.