Pemuda Inspiratif Ungkap Keprihatinan Soal Pencak Silat - Kompas.com

Pemuda Inspiratif Ungkap Keprihatinan Soal Pencak Silat

Kompas.com - 08/11/2018, 21:36 WIB
Salah satu peserta yang tampak bersemangat adalah Rifki Baedowi. Pelajar kelas XII asal MAN 1 Serang ini akan menampilkan presentasi di bidang pendidikan yakni mengenai Pencak Silat. Salah satu peserta yang tampak bersemangat adalah Rifki Baedowi. Pelajar kelas XII asal MAN 1 Serang ini akan menampilkan presentasi di bidang pendidikan yakni mengenai Pencak Silat.

SERANG, Kompas.com  - Kompetisi Pemuda Inspiratif yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia memasuki fase terakhir. Serang dipilih menjadi kota ke-16 sekaligus menjadi tuan rumah grand final Pemuda Inspiratif.

Di Serang, Pemuda Inspiratif akan digelar pada 9-11 November 2018 di Pendopo Kabupaten Serang. Kegiatan ini akan melibatkan ribuan pemuda dari Serang dan sekitarnya. Pada 9-10 November, kompetisi merupakan kompetisi lokal untuk menentukan pemenang Serang seperti 15 kota sebelumnya.

Kemudian, pada 11 November merupakan hari pamungkas dimana seluruh kontestan grand final (termauk pemenang dari kota Serang) bersaing memperebutkan satu gelar juara putra dan satu gelar juara putri.

Seperti di kota sebelunya, akan digelar pula supporting event dalam kegiatan Pemuda Inspiratif. Kegiatan supporting event tersebut adalah kompetisi band, kompetisi dance, dan Lomba Kreasi Baris-Berbaris (LKBB) yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa usia 16-30 tahun.

Selain itu, khusus pada hari sabtu tepatnya di pagi hari akan digelar senam sehat yang dapat diikuti oleh masyarakat kota Serang. Kegiatan ini gratis dan berhadiah sejumlah doorprize menarik mulai dari perabotan rumah tangga hingga peralatan elektronik.

Pemuda Inspiratif merupakan kompetisi bagi para pemuda untuk dapat menunjukkan ide kreatifnya yang dapat memberi manfaat luas bagi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menghadirkan pemuda kreatif, inovatif sekaligus memberi kontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Sejumlah bintang tamu akan dihadirkan pada Pemuda Inspiratif Serang. Pada 9 November yang merupakan hari pembuka, pengunjung yang hadir di venue pendopo kabupaten Serang akan menyaksikan seremonial pembukaan sekaligus dihibur oleh Roompoet Hijau.

Selanjutnya pada hari penutup atau hari ketiga band Rocket Rockers yang sudah sangat popular dengan tembang Ingin Hilang Ingatan menjadi bintang tamu sekaligus salah satu yang paling dinanti dari Pemuda Inspiratif Serang.

Panitia penyenggara Pemuda Inspiratif Serang Gilang mengungkapkan bahwa Pemuda Inspiratif Serang akan berbeda dengan kota-kota sebelumnya. “Selain karena kompetisi ini digelar tiga hari, Pemuda Inspiratif Serang berbeda dengan kota sebelumnya karena jumlah pesertanya yang cukup membludak. Tentu hal ini membuat kami semakin bersemangat menggelar kompetisi ini,” ujarnya.

Pada 8 November, digelar technical meeting di Graha Pena Radar Banten. Kegiatan ini diikuti antusias oleh para peserta Pemuda Inspiratif serta perwakilan peserta kompetisi supporting event yakni LKBB, kompetisi band, dan kompetisi dance.

Salah satu peserta yang tampak bersemangat adalah Rifki Baedowi. Pelajar kelas XII asal MAN 1 Serang ini akan menampilkan presentasi di bidang pendidikan yakni mengenai Pencak Silat. “Saya prihatin karena banyak sekali pemuda yang tidak melestarikan budaya asli Indonesia yaitu pencak silat. Melalui Pemuda Inspiratif, saya optimis akan lebih banyak pemuda yang menyadari pentingnya melestarikan budaya ini,” ujar Rifki yang juga tergabung dalam perguruan Cidulang Jaya Sakti tersebut.



Close Ads X