Final Ideal di LIMA Futsal Yogyakarta - Kompas.com

Final Ideal di LIMA Futsal Yogyakarta

Kompas.com - 06/11/2018, 23:09 WIB
UNY pun bersiap tampil di laga puncak LIMA Futsal CJYC 2018 yang akan dihelat pada Rabu (7/11) untuk menghadapi  Univ. Tunas Pembangunan yang mengalahkan Univ. Diponegoro di semifinal pertama beberapa saat sebelumnya. UNY pun bersiap tampil di laga puncak LIMA Futsal CJYC 2018 yang akan dihelat pada Rabu (7/11) untuk menghadapi Univ. Tunas Pembangunan yang mengalahkan Univ. Diponegoro di semifinal pertama beberapa saat sebelumnya.


YOGYAKARTA, Kompas.com - Tim putra  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhak tampil di laga puncak  LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference 2018 usai menundukkan runner up Pul A Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor  1-0  di babak semifinal, Selasa (6/11/2018).

Tiket ke laga pamungkas ini tak didapat dengan mudah, karena UGM yang menjadi lawan mereka tampil ngotot serta bermain disiplin  sejak awal permainan hingga akhir babak pertama.

Namun, UNY racikan pelatih Hajarul Susanto akhirnya memperlihatkan keunggulan mereka di menit terakhir paruh pertama. Eksekusi tendangan bebas Fany Dwy Sasongko (3) melesat le pojok atas gawang UGM.

Di babak kedua duel di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, ini, UGM  menekan. UNY cenderung tampil bertahan.

UGM, yang ditangani Agustinus Wahyu Tri Putranto Adi, sesekali melancarkan power play. Namun, kedisplinan membuat UNY tak tertembus. Meski tak sedominan saat fase grup, UNY bisa mempertahankan keunggulan 1-0 hingga wasit meniupkan peluit tanda akhir laga.

UNY pun bersiap tampil di laga puncak LIMA Futsal CJYC 2018 yang akan dihelat pada Rabu (7/11) untuk menghadapi  Univ. Tunas Pembangunan yang mengalahkan Univ. Diponegoro di semifinal pertama beberapa saat sebelumnya.

Final ini bisa dikatakan ideal. Kedua finalis adalah juara masing-masing pul.

Dalam duel UTP versus Undip tersebut,  runner up pul A Undip mampu membuka skor di menit kelima. Lemparan kiper Furqon Nurbait (13) disambut sundulan Dovan Ardy Setyawan (22). Tepisan tak sempurna kiper UTP membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

UTP besutan Agus Cahyono segera bereaksi. Di menit kedelapan, bola tembakan Luqman Yusuf Prastiawan (5) dari luar lingkaran pertahanan Undip tak bisa ditahan kiper Undip.

Empat menit berselang, UTP berbalik unggul. Sergapan apik Muhammad Ridwan (3) diteruskan Ahmad A. Wilarso (10) dengan gol tembakan dari luar lingkaran.

Tekanan Undip meningkat di paruh kedua laga GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, ini. Akan tetapi, UTP bisa mempertahankan keunggulan. Tim berkostum merah ini bahkan bisa memperbesar keunggulan di menit ke-37. Di tiang jauh, M. Ridwan (3) menuntaskan operan menyilang Luqman (5) dari sayap kiri.

Undip yang diracik M. Afandi Ardy Setyawan belum menyerah. Di menit terakhir, tembakan Adiyaksa Rizkia Dwi Putra (11) dari luar lingkaran UTP mempersempit ketertinggalan Undip. Namun, UTP bisa menepis kegugupan di detik-detik terakhir untuk menjaga keunggulan 3-2.

Pemenang seri Central Java ini, berhak maju ke LIMA Futsal Nationals 2018 yang akan digelar di Jakarta pada 8-16 Desember mendatang.



Close Ads X