Kapan Suporter Klub Indonesia Bisa Damai, Ini Kata Bambang Pamungkas

Kompas.com - 06/11/2018, 21:31 WIB
Sejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018). Haringga Sirila meninggal dunia akibat penganiayaan oleh sejumlah oknum pendukung klub sepak bola Persib pada laga lanjutan Liga 1 Minggu, 23 Septermber lalu. ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARASejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018). Haringga Sirila meninggal dunia akibat penganiayaan oleh sejumlah oknum pendukung klub sepak bola Persib pada laga lanjutan Liga 1 Minggu, 23 Septermber lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain Persija Jakarta Bambang Pamungkas mendapat pertanyaan seputar kapan suporter Indonesia bisa berdamai.

Pertanyaan itu dilontarkan pengguna Twitter dengan nama akun @syahghi dengan langsung menyebut akun Bambang, @bepe20.

"Mas @bepe20 mohon maaf nih, mau nanya kapan yah pendukung sepak bola Indonesia bisa bebas away nonton tim kebanggaan nya bertanding di kota manapun? Suwon mas," tulis @syahghi.

Menanggapi pertanyaan itu, Bambang pun menjawab suporter akan berdamai jika mereka sudah menyadari sepak bola adalah hiburan untuk menjalin persahabatan.

"Sampai orang kita paham jika sepak bola itu hiburan, dimainkan untuk menjalin persahabatan. Bukan ajang untuk memelihara permusuhan," jawab Bambang.

Baca juga: Pengeroyok Anggota Jakmania Haringga Sirla Divonis 3 Tahun dan 3,5 Tahun Penjara

Seperti diketahui, rivalitas antarklub di Indonesia acapkali disertai aksi kekerasan. Kondisi itu pun memicu suporter sebuah tim tidak bisa hadir menyaksikan tim kesayangannya saat bertanding di kandang tim rival.

Contohnya dalam rivalitas Persija Vs Persib, Persija Vs Persebaya, ataupun Persebaya Vs Arema.

Hingga kini, pendukung Persija dipastikan akan diimbau tidak ke Bandung saat timnya bertandang ke kandang Persib, begitu juga sebaliknya.

Hal yang sama berlaku pada pendukung Persebaya jika timnya bertanding di Jakarta atau Malang, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Manajemen Persija dan Ketum The Jakmania Keluarkan Imbauan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.