5 Final Piala AFF yang Pernah Dijalani Timnas Indonesia

Kompas.com - 06/11/2018, 17:34 WIB
Striker timnas Indonesia, Lerby Eliandry, tertunduk saat wasit meniup peluit panjang pertanda akhir laga kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/2/2016) malam. PRIYOMBODO/KOMPAS Striker timnas Indonesia, Lerby Eliandry, tertunduk saat wasit meniup peluit panjang pertanda akhir laga kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/2/2016) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Piala AFF merupakan turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di Asia Tenggara. Dihelat sejak 1996 dengan nama awal Piala Tiger, turnamen yang berlangsung tiap dua tahun sekali ini sudah berlangsung sebanyak 11 kali.

Dari jumlah tersebut, Thailand menjadi tim paling sukses dengan torehan 5 gelar, Singapura dengan 4 gelar, sedangkan Malaysia dan Vietnam masing-masing meraih 1 gelar.

Sementara itu Indonesia, sampai sejauh ini belum pernah meraih gelar juara. Adapun prestasi terbaik yang ditorehkan tim Garuda adalah lima kali tampil di final yang berakhir dengan kekalahan sehingga harus puas jadi runner-up.

Kompas.com merangkum lima final yang pernah dijalani timnas Indonesia dalam keikutsertaannya di Piala AFF.

1. Piala AFF 2000

Edisi ketiga Piala AFF 2018 dihelat di Thailand. Pada masa itu, tim Negeri Gajah Putih bisa dibilang sangat superior di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Tak heran, tak ada satu pun tim yang mampu berbuat banyak saat berhadapan dengan Kiatisuk Senamuang cs, termasuk Indonesia. Thailand bahkan mampu menyapu bersih lima laga yang dimainkan sepanjang turnamen.

Namun penampilan Indonesia bisa dibilang sudah cukup baik. Di luar dua laga melawan Thailand, Gendut Doni cs mampu menunjukan permainan impresif.

Mereka menang 3-0 atas Filipina dan 5-0 atas Myanmar. Di semifinal, Indonesia mampu menyingkirkan Vietnam 3-2 melalui perpanjangan waktu.

Namun saat laga final, tim Garuda tak kuasa membendung kekuatan Thailand yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya di Stadion Rajamangala, Bangkok. Indonesia menyerah dengan skor 1-4. Skor yang sama dengan saat kedua tim bertemu pada babak penyisihan Grup A.

Striker tim nasional Indonesia, Gendut Doni Cristiawan (tengah), berebut bola dengan dua pemain Vietnam dalam pertandingan Piala Tiger 2000 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 16 November 2000.STANLEY CHOW/ALLSPORT Striker tim nasional Indonesia, Gendut Doni Cristiawan (tengah), berebut bola dengan dua pemain Vietnam dalam pertandingan Piala Tiger 2000 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 16 November 2000.

2. Piala AFF 2002

Untuk pertama kalinya, babak penyisihan grup Piala AFF dihelat di dua negara, masing-masing di Indonesia dan Singapura. Namun seluruh laga semifinal hingga final dipusatkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X