Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Nusantara di Demak Tempuh 15 Kilometer

Kompas.com - 05/11/2018, 01:07 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis


DEMAK, Kompas.com - Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berlangsung di Demak, Jawa Tengah, Minggu (4/11/2018).

Kegiatan positif yang mengajak masyarakat berolahraga melalui payung Ayo Olahraga itu memulai start dari Stadion Pancasila dengan menempuh jarak 15 kilometer.

Sepeda Nusantara Demak ini diberi nama Etape Jambu Demak, lantaran banyak pohon Jambu yang dilewati selama para pegowes mengayuh sepedanya, disamping jambu juga merupakan buah kebanggaan Demak dan banyak ditanam di pinggir jalan.

Acara dibuka dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan senam 'Ayo Olahraga'. Lalu sambutan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Aris Subiyono. Acara ini juga dihadiri Bupati Demak, HM Natsir.

"Dari sensus, ada 27 persen masyarakat yang berusia 10 tahun ke atas berolahraga. Kami punya target 35 persen dan acara ini jadi salah satu upaya kami untuk mencapai target tersebut," ucap Aris.

Sepeda Nusantara 2018 itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan derajat dan kualitas kebugaran masyarakat dan menghasilkan multiplier effect di berbagai sektor, seperti ekonomi dan pariwisata, memperkuat ketahanan sosial, memperluas kesadaran lingkungan dan hemat energi.

Demak punya potensi atlet bagus. Ada banyak juga atlet level nasional yang berasal dari Demak. "Demak juga punya potensi jadi penyumbang atlet untuk event-event internasional kita," tambah Aris.

Sepeda Nusantara 2018 juga mengekspose “Bangun Indonesia”, capaian pembangunan yang telah dilakukan Pemeritahan Joko Widodo. Baik aspek fisik dengan pembangunan sarana dan prasarana terbaik di seluruh Tanah Air, sekaligus pembangunan kognisi, mental dan spitirual untuk mencapai prestasi-prestasi terbaik.

"Ketika CPNS kemaren ada atlet prestasi dari Demak cabor dayung dan meraih medali Asian Games. Ini harus terus kita kembangkan. Pembibitan itu penting," ucapnya.

Usai tiba di garis finis, peserta kemudian mengikuti dooprize yang diadakan panitia. Ada berbagai macam hadiah barang elektronik. Sedangkan hadiah utamanya adalah voucher ibadah umrah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com