Jika Bukan Messi, Ronaldo Tantang Pemenang Ballon d'Or Tahun Ini

Kompas.com - 31/10/2018, 15:48 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Sassuolo dalam laga Liga Italia, 16 September 2018 di Juventus Stadium, Turin. Ronaldo akan menjalani laga pertamanya di Liga Champions bersama Juventus pada hari Rabu (19/9/2018) melawan Valencia.AFP/ MIGUEL MEDINA Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Sassuolo dalam laga Liga Italia, 16 September 2018 di Juventus Stadium, Turin. Ronaldo akan menjalani laga pertamanya di Liga Champions bersama Juventus pada hari Rabu (19/9/2018) melawan Valencia.

KOMPAS.com - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, memberi tantangan kepada pemenang Ballon d'Or tahun ini jika nantinya bukan dirinya atau kapten Barcelona, Lionel Messi.

Baik Messi dan Ronaldo termasuk dalam 30 nama nomine Ballon d'Or 2018. Ketika ditanya siapa yang menjadi favorit, Ronaldo menyebutkan lima nama baru.

"Jadi, saya melihat Mohamed Salah, Antoine Griezmann, Raphael Varane, dan Kylian Mbappe punya peluang besar. Para pemain timnas Perancis lebih unggul karena mereka juara Piala Dunia 2018," kata Ronaldo dikutip dari situs Sportskeeda, Selasa (31/10/2018).

"Sama seperti sebelumnya, saya tidak akan tahu apakah Lionel Messi akan berada di podium tahun ini," kata ucap Ronaldo menambahkan.

Lebih lanjut, Ronaldo terlihat siap jika pemenang Ballon d'Or tahun ini bukan lah dirinya atau Messi.

Baca juga: Apa Perbedaan Penghargaan The Best FIFA, Ballon d'Or, dan Pemain Terbaik UEFA?

Namun, Ronaldo memberi tantangan kepada siapa pun pemenang baru untuk menjaga level permainan dalam jangka waktu lama.

"Saya akan menunggu dan melihat apakah pemain itu bisa tetap berada di puncak permainan selama 10 tahun seperti yang sudah saya lakukan bersama Messi dan terus berlanjut," ucap Ronaldo.

"Apakah mereka bisa terus berada di podium (Ballon d'Or) selama 10 tahun berturut-turut ?" tutur Ronaldo menambahkan.

Berakhirnya dominasi Ronaldo dan Messi dalam kontestasi Ballon d'Or kemungkinan akan terjadi di tahun ini.

Seperti diketahui, Ronaldo dan Messi saling berbagi gelar tersebut dalam 10 tahun terakhir.

Tanda-tanda itu sudah tercium ketika gelandang Real Madrid, Luka Modric, mengawinkan gelar pemain terbaik versi FIFA dan UEFA tahun ini. Dua gelar itu membuat Modric sangat difavoritkan meraih Ballon d'Or tahun ini.

Baca juga: Bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, Ini Peraih Ballon d'Or 2018 Menurut Ricardo Kaka

Meskipun begitu, Ronaldo masih percaya torehan 44 gol dan gelar juara Liga Champions di musim lalu bisa membuatnya meraih Ballon d'Or.

"Tentu saja saya ingin memenangi itu, Ballon d'Or keenam saya. Akan menjadi sebuah kebohongan jika saya justru menjagokan yang lain," ujar pemain asal Portugal itu.

Terakhir kali Ballon d'Or diraih pemain selain Ronaldo dan Messi terjadi pada 2007. Saat itu, gelandang asal Brasil, Ricardo Kaka, yang bermain untuk AC Milan menjadi pemenang.

Di tahun ini, malam penghargaan Ballon d'Or akan berlangsung di bulan Desember di Perancis.




Close Ads X