Ronaldo Layak Sabet Ballon d'Or meski Gagal Juara Piala Dunia 2018

Kompas.com - 31/10/2018, 07:24 WIB
Selebrasi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, setelah berhasil mencetak gol ke gawang Empoli melalui eksekusi penalti dalam pertandingan Liga Italia 2018-2019 di Stadio Carlo Castellani, Empoli, Italia, pada Sabtu (27/10/2018). AFP/ MARCO BERTORELLOSelebrasi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, setelah berhasil mencetak gol ke gawang Empoli melalui eksekusi penalti dalam pertandingan Liga Italia 2018-2019 di Stadio Carlo Castellani, Empoli, Italia, pada Sabtu (27/10/2018).

KOMPAS.com - Bek kanan Juventus, Joao Cancelo, merasa yakin Cristiano Ronaldo pantas meraih titel Ballon d'Or meski gagal menjadi kampiun Piala Dunia 2018. Diakuinya, mantan penyerang Real Madrid dan Manchester United tersebut luar biasa.

Pernyataan Cancelo ini merujuk apa yang disaksikan setiap hari setelah keduanya berada dalam satu tim. Ronaldo bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018 setelah klub berjulukan Bianconeri itu menebusnya seharga 100 juta euro (sekitar Rp 1,7 triliun) dari Madrid.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo: Saya Hanya Prospek Bisnis di Mata Presiden Real Madrid

Peraih lima gelar Ballon d'Or tersebut kembali masuk nomine setelah tampil sangat impresif bersama Madrid pada musim lalu. Dia ikut membawa Los Blancos mempertahankan gelar Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun.

"Pantaskah Cristiano Ronaldo menyabet piala Ballon d'Or? Ya, setiap hari saya berlatih dengan dirinya dan ia sudah memenangkan titel ini sebanyak lima kali," tutur Cancelo kepada Sky Italia, dilansir BolaSport.com dari laman Calciomercato.

"Lalu Juventus merekrutnya ke sini, ia luar biasa. Ronaldo lebih kuat dari semua kontestan lainnya. Musim lalu, bahkan ia lebih mutlak daripada yang lain," kata Cancelo melanjutkan.

Di sisi lain, beberapa pilar timnas Perancis seperti Antoine Griezmann, Raphael Varane dan Kylian Mbappe, disebut-sebut bakal mengakhiri kedigdayaan Ronaldo setelah sukses menjuarai Piala Dunia 2018.

Cancelo menilai, tak adil jika penganugerahan individual semacam Ballon d'Or didasarkan pada kesuksesan menjuarai Piala Dunia. Sebab, dalam level tim nasional, lelaki asal Portugal itu meyakini ada kesenjangan kualitas antara satu tim dengan tim lainnya.

"Pemenang Ballon d'Or tidak bisa bergantung pada Piala Dunia, kejuaraan itu dimenangi secara siklus. Selalu dimenangkan oleh negara-negara tertentu," ujar bek yang baru didatangkan Bianconeri dari Valencia pada musim panas lalu.

"Jika Anda lahir di Perancis, Jerman atau Brasil, jelas bahwa cepat atau lambat titel juara Piala Dunia akan mereka bawa pulang," tambahnya.

Pemain yang musim lalu bermain di Inter Milan ini bahkan menyatakan sulit bagi Ronaldo dan timnas Portugal menjuarai Piala Dunia, kendati dua tahun lalu sukses menggondol juara Piala Eropa untuk kali pertama.

"Tetapi beberapa tim lain tak mahir untuk memenanginya. Jika orang-orang membicarakan bahwa Portugal memenangkan Piala Eropa, ya begitulah faktanya. Tetapi akan sulit memenangkan kompetisi penting (seperti Piala Dunia)," tutur pemuda berusia 24 tahun tersebut.

"Kekuatan sepak bola (yang dimiliki) sangat berbeda, hal itu tampak jelas bagi saya," kata Cancelo lagi. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X