Solari, Sosok yang Tak Asing di Santiago Bernabeu

Kompas.com - 30/10/2018, 09:24 WIB
Santiago Solari dalam sesi latihan tim Inter Milan di Estadio Dragao, Porto, 18 Oktober 2005. MIGUEL RIOPA/AFPSantiago Solari dalam sesi latihan tim Inter Milan di Estadio Dragao, Porto, 18 Oktober 2005.

KOMPAS.com - Real Madrid menunjuk Santiago Solari sebagi pelatih sementara (caretaker). Keputusan ini diambil setelah klub berjulukan Los Blancos tersebut resmi memecat Julen Lopetegui pada Senin (29/10/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Lopetegui lengser sehari setelah Madrid kalah telak 1-5 di Camp Nou dalam duel bertajuk el clasico melawan Barcelona pada pekan ke-10 La Liga. Solari pun didapuk untuk menangani tim.

Baca Juga: Real Madrid Bukan Tim yang Paling Sering Mencederai Lionel Messi

Pria asal Argentina ini bukan sosok asing di Santiago Bernabeu. Dilansir BolaSport.com dari Transfermarkt, Solari pernah menjadi bagian dalam perjalanan Madrid karena dia memperkuat klub tersebut pada 2000-2005.

Saat masih aktif bermain, pria 42 tahun ini menempati posisi gelandang kiri. Selain itu, Solari juga bisa beroperasi di posisi sayap kiri dan gelandang serang.

Seperti Lionel Messi sebelum pindah ke Barcelona, karier junior Solari dimulai bersama klub Argentina, Newell's Old Boys. Solari promosi ke tim utama Newell's pada tahun 1994.

Setelah itu, Solari bergabung dengan klub raksasa Argentina, River Plate, pada 1996 sebelum berkiprah di Eropa bersama Atletico Madrid pada Januari 1999. Satu setengah musim bersama Los Rojiblancos, Solari menyeberang ke Real Madrid yang merupakan rival sekota Atletico.

Pemilik 11 caps bersama timnas Argentina itu merumput di Santiago Bernabeu dari Juli 2000 hingga Juli 2005 sebelum pindah ke Inter Milan. Selama berkostum Madrid, Solari terlibat dalam 208 pertandingan kompetitif dengan kontribusi 22 gol dan 14 assist.

Gelar yang diraih Solari selama menjadi pemain Madrid adalah 2 trofi Liga Spanyol, 1 Liga Champions dan 1 Piala Interkontinental.

Setelah meninggalkan Madrid, Solari bergabung dengan Inter hingga 2008. Petualangan Solari berlanjut ke San Lorenzo, Atlante, sebelum akhirnya pensiun bersama Penarol.

Sebelum ditunjuk sebagai caretaker Madrid, Solari merupakan pelatih tim Real Madrid B (Castilla). Dari 86 laga, Solari meraih 32 kemenangan, 29 hasil imbang dan 25 kekalahan. (Pradipta Indra Kumara)



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X