Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti F4 Generasi Baru Setelah Era Taufik Hidayat dkk

Kompas.com - 18/10/2018, 17:05 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Generasi Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gade Christensen (Denmark), Lin Dan (China) dan Lee Chong Wei (Malaysia) bisa dikatakan sebagai Famous Boys (F4) tunggal putra dunia.

Pada masa emas mereka yang terjadi awal 2000-an, rivalitas empat pebulu tangkis tunggal putra tersebut terbilang sangat ketat dalam berbagai turnamen bulu tangkis dunia.

Baca Juga: Barcelona Bidik 3 Bek Anyar Guna Selesaikan Krisis Lini Belakang

Namun, seiring perjalanan waktu, satu per satu anggota F4 mulai pensiun. Taufik Hidayat lebih dulu memutuskan gantung raket, disusul Peter Gade.

Anggota F4 yang masih aktif saat ini tinggal Lin Dan dan Chong Wei walaupun nama yang disebutkan terakhir ini untuk sementara absen dari berbagai turnamen karena sedang menjalani proses penyembuhan kanker hidung. Akan tetapi, Lin Dan dan Chong Wei pun sudah tak terlalu kompetitif seiring pertambahan usia dan munculnya bintang baru.

Banyak nama anyar menghiasi jajaran tunggal putra dunia. Ada pemain jangkung andalan Denmark, Viktor Axelsen, Kento Momota (Jepang), Shi Yuqi (China) dan Chen Long (China).

Meski demikian, belum ada F4 generasi masa kini yang menyamai rivalitas Taufik Hidayat dkk. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan kepala pelatih tim nasional Denmark, Steen Pedersen, yang kini beralih profesi menjadi komentator bulu tangkis.

"Tidak. Saat ini belum ada. Chen Long masih tidak stabil dan Momota berpeluang mendominasi," ujar Pedersen yang dikutip BolaSport.com dari The Star.

"Axelsen bahkan tidak bisa mendekati Momota. Dia selalu kalah dan belum pernah menang dalam empat tahun terakhir," kata dia melanjutkan.

Menurut Pedersen, rivalitas para tunggal putra generasi saat ini belum bisa menyamai rivalitas saat seluruh anggota F4 masih aktif di lapangan.

"Rivalitas mereka mungkin akan ketat, tetapi bukan saat ini," ujar Pedersen memungkasi. (Any Hidayati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com