Carrick: Mourinho dan Sir Alex Pelatih Terbaik di Dunia - Kompas.com

Carrick: Mourinho dan Sir Alex Pelatih Terbaik di Dunia

Kompas.com - 12/10/2018, 21:40 WIB
Ekspresi pelatih Manchester United, Jose Mourinho, dalam laga Liga Inggris kontra Wolverhampton Wanderers di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris pada 22 September 2018.
LINDSEY PARNABY/AFP Ekspresi pelatih Manchester United, Jose Mourinho, dalam laga Liga Inggris kontra Wolverhampton Wanderers di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris pada 22 September 2018.

KOMPAS.com - Mantan pemain Manchester United, Michael Carrick, menilai Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson adalah dua sosok pelatih terbaik di dunia.

Cukup beralasan Carrick menyatakan hal tersebut karena pernah bekerja sama dengan kedua pelatih itu ketika di Man United. Sebelum pensiun, Mourinho adalah pelatih terakhir Carrick.

Kini, Carrick diangkat sebagai salah satu staf pelatih Mourinho di Man United. Menurut Carrick, rasa lapar akan kemenangan menjadi alasannya menyebut Mourinho sebagai pelatih terbaik.

"Ketika orang bertanya kepada saya soal Mourinho, mengenai apa yang ia suka dan apa yang ia bawa? Itu adalah kemenangan. Menurut saya, itu adalah hal yang paling menarik," kata Carrick kepada Press Association, dikutip BolaSport.com dari BT Sport.

"Dia telah membuktikannya dalam waktu yang cukup lama dan tahukah Anda akan hal itu? Dia pergi dan menyelesaikan suatu hal demi kemenangan," ucap pria 37 tahun itu menambahkan.

Baca Juga: Bukan Jose Mourinho, Alasan Performa Buruk Paul Pogba adalah Trofi Piala Dunia 2018

Carrick kemudian mengingat jas Mourinho yang mengantar Setan Merah meraih tiga trofi pada musim 2016-2017, yakni Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa. Menurut Carrick, prestasi itu sangat sulit diraih, apalagi Man United masih dalam tahap transisi.

"Dia berhasil memenangi beberapa trofi di sini. Kami pun saat ini tengah berusaha untuk kembali ke sana," ujar pengemas 34 caps timnas Inggris ini.

"Namun, sebagai manajer, Anda tidak dapat menyembunyikan fakta tentang apa yang telah dia lakukan. Mourinho telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik," tutur Carrick.

Baca Juga: Ini 10 Pengganti Potensial Jose Mourinho apabila Dilepas Manchester United

Di sisi lain, Carrick merasa sangat beruntung pernah menimba ilmu, baik dari Ferguson maupun Mourinho.

"Sebuah keuntungan bagi saya, Anda melihat para manajer terbaik selama 25-30 tahun terakhir. Jika Anda memilih tiga teratas atau lima besar, dua dari mereka yang Anda katakan pastilah Mou atau Sir Alex," tutur eks pemain Tottenham Hotspur tersebut.

"Saya cukup beruntung untuk mengalami (gemblengan) dan mengambil apa yang saya dapat dari mereka berdua," ucap Carrick. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)



Close Ads X