Southgate Menyayangkan Duel Versus Kroasia Tanpa Penonton

Kompas.com - 12/10/2018, 11:03 WIB
Ekspresi pelatih Inggris, Gareth Southgate (kanan), dan pelatih Spanyol, Luis Enrique (kiri), dalam laga UEFA Nations League di Stadion Wembley, London, Inggris pada 8 September 2018.
ADRIAN DENNIS/AFPEkspresi pelatih Inggris, Gareth Southgate (kanan), dan pelatih Spanyol, Luis Enrique (kiri), dalam laga UEFA Nations League di Stadion Wembley, London, Inggris pada 8 September 2018.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menyayangkan situasi laga The Three Lions versus timnas Kroasia dalam UEFA Nations League yang kelak digelar tanpa pendukung. Ini terjadi karena Kroasia mendapat hukuman.

Inggris akan melakoni laga di kandang Kroasia pada Jumat (12/10/2018) waktu setempat atau Sabtu dini hari pukul 01.45 WIB dalam lanjutan UEFA Nations League. Duel bakal berlangsung di HNK Stadium, Rijeka.

Southgate menilai hal tersebut memalukan. Apalagi, Inggris tidak bisa didukung para suporter karena laga berstatus tanpa penonton.

"Sebuah hal yang memalukan bagi para penggemar (kami) yang (hendak) bepergian ke sana. Mereka tak pernah melewatkan laga dalam satu dekade," kata Southgate dilansir BolaSport.com dari laman BBC.

Kroasia mendapatkan sanksi laga tanpa penonton setelah menampakkan simbol gerakan politik swastika dalam partai kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Italia pada Juni 2015.

Hal itu cukup disayangkan oleh Southgate karena menurut laporan BBC, ada lebih dari 500 penggemar The Three Lions yang tetap berencana pergi ke Kroasia.

"Bagi kami, bermain sepak bola di depan segelintir orang sudah biasa. Kami melakukannya setiap hari, jadi itu tak sepenuhnya unik," ucap pelatih kelahiran Kota Watford ini.

"Namun, dalam situasi pertandingan tentunya itu menjadi suatu hal yang berbeda," tuturnya.

Di sisi lain, pelatih berusia 48 tahun tersebut menganggap Kroasia pun bakal merasa kehilangan dukungan, kendati bermain di kandang sendiri.

"Saya yakin mereka akan merasakan hal sama, mereka ingin mendapatkan dukungan yang luar biasa," ujar Southgate.

"Itu berarti Kroasia tak mendapatkan energi yang bisa diberikan pendukung saat mereka berada di bawah tekanan. Entah itu keuntungan, siapa yang tahu?" ucapnya.

Meski dalam laga nanti secara resmi terdaftar tanpa penonton, sejatinya akan ada 500 orang dengan rincian 150 orang dari awak media dan 75 orang ofisial dari setiap ofisial tim termasuk pemain. Akan ada pula 200 pemegang tiket kategori terbatas untuk kalangan Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS), kepolisian, staf keamanan dan petugas infrastruktur stadion.

Selain itu, ada pula 75 perwakilan UEFA dan mitra yang memegang tiket VIP. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X