Kondogbia Membelot ke Timnas Afrika Tengah - Kompas.com

Kondogbia Membelot ke Timnas Afrika Tengah

Kompas.com - 10/10/2018, 12:33 WIB
Pemain pinjaman Inter Milan, Geoffrey Kondogbia, merayakan gol Valencia ke gawang Espanyol pada pertandingan La Liga, Minggu (19/11/2017). Twitter @valenciacf Pemain pinjaman Inter Milan, Geoffrey Kondogbia, merayakan gol Valencia ke gawang Espanyol pada pertandingan La Liga, Minggu (19/11/2017).

KOMPAS.com - Gelandang asal Perancis yang kini membela klub Valencia, Geoffrey Kondogbia, akan memperkuat timnas Republik Afrika Tengah alih-alih negara kelahirannya.

Kondogbia siap "membelot" untuk memperkuat timnas Rep Afrika Tengah mulai pekan ini. Gelandang kekar berusia 25 tahun itu lahir di Nemours, Perancis, memulai karier di sana, bahkan pernah berseragam timnas Perancis sejak level junior.

Baca juga: Berita Timnas Indonesia: Egy Maulana Vikri Pulang hingga Alasan Boaz Solossa Tak Dipanggil Timnas

Selain memiliki paspor Perancis, Kondogbia punya hak mewakili Rep Afrika Tengah, yang merupakan negara asal leluhurnya.

Dia bersama Paul Pogba menjadi kunci lini tengah timnas Prancis saat menjuarai Piala Dunia U-20 edisi 2013. Akan tetapi, seiring pertambahan usia, nasib dua gelandang tangguh itu berseberangan.

Pogba stabil menjadi andalan timnas Perancis sampai kini mempersembahkan trofi Piala Dunia 2018. Sementara itu, Kondogbia cuma mengoleksi lima penampilan buat tim senior Les Bleus dalam lima tahun terakhir.

Dikutip BolaSport.com dari Sportmediaset, kegagalan menembus skuad utama timnas Perancis yang mendorong Kondogbia beralih haluan untuk membela tanah leluhurnya di Afrika Tengah.

Aturan FIFA mendukung Kondogbia pindah tim nasional karena seluruh penampilannya untuk timnas senior Perancis terjadi pada laga persahabatan atau non-kompetitif.

Eks pemain Inter Milan itu siap melakoni debut buat timnas Rep Afrika Tengah saat menghadapi Pantai Gading. Kedua tim akan berlaga pada ajang Kualifikasi Piala Afrika 2019 dalam dua pertemuan, 12 dan 16 Oktober 2018. (Beri Bagja)


Terpopuler