Sevilla, Tim Terlemah dari Penguasa 5 Liga Top Eropa - Kompas.com

Sevilla, Tim Terlemah dari Penguasa 5 Liga Top Eropa

Kompas.com - 09/10/2018, 08:25 WIB
Wissam Ben Yedder dan Franco Vazquez merayakan gol Pablo Sarabia pada laga Sevilla vs Celta Vigo di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan La Liga Spanyol, 7 Oktober 2018. AFP/CRISTINA QUICLER Wissam Ben Yedder dan Franco Vazquez merayakan gol Pablo Sarabia pada laga Sevilla vs Celta Vigo di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan La Liga Spanyol, 7 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Sevilla membuat kejutan karena menjadi pemuncak klasemen Liga Spanyol. Mereka mengungguli dua klub raksasa di Negeri Matador, Barcelona dan Real Madrid.

Menang 5 kali dan sekali imbang dalam 8 partai, Sevilla memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan mengoleksi 16 poin. Sementara itu, Barcelona dan Real Madrid masing-masing baru mendapatkan 15 poin serta 14 poin di Liga Spanyol sehingga berada di posisi ke-2 dan 4.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol - Sevilla Lampaui Barcelona dan Real Madrid, Pertama sejak 2007

Satu klub kuat lainnya di Liga Spanyol, Atletico Madrid, menempati tangga ke-3. Rival sekota Real Madrid ini mengoleksi 15 poin.

Keberhasilan Sevilla memuncaki klasemen Liga Spanyol jadi terasa unik karena mereka bisa dianggap sebagai pemimpin klasemen terlemah di antara 5 liga top Eropa apabila melihat angka penguasaan bola.

Ball possession kerap dipakai sebagai salah satu pengukur kekuatan sebuah tim lantaran menunjukkan seberapa besar tim tersebut mampu menguasai pertandingan.

Seperti dikutip Bolasport.com dari Opta, Sevilla hanya memiliki angka penguasaan bola rata-rata 49,1 persen per pertandingan. Di antara pemimpin klasemen 5 liga top Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Perancis) saat ini, angka penguasaan bola Sevilla adalah yang paling rendah.

Di Liga Inggris, Manchester City yang paling dominan karena memiliki penguasaan bola 65,3 persen. Juventus di Liga Italia punya angka 59,3 persen, sementara itu angka penguasaan bola Borussia Dortmund di Liga Jerman 56,7 persen sedangkan Paris Saint-Germain di Liga Perancis sebesar 58,9 persen. (Dwi Widijatmiko)



Close Ads X