Gara-gara Konflik Dua Negara, Henrikh Mkhitaryan Absen di Liga Europa - Kompas.com

Gara-gara Konflik Dua Negara, Henrikh Mkhitaryan Absen di Liga Europa

Kompas.com - 04/10/2018, 13:52 WIB
Henrikh Mkhitaryan diumumkan resmi sebagai pemain baru Arsenal pada Senin (22/1/2018).Twitter @Arsenal Henrikh Mkhitaryan diumumkan resmi sebagai pemain baru Arsenal pada Senin (22/1/2018).

BAKU, KOMPAS.com - Gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, dipastikan absen dalam laga kedua Grup E Liga Europa melawan tim Azerbaijan, Qarabag, Kamis (4/10/2018).

Pemain asal Armenia ini tidak bisa menyertai lawatan timnya ke markas Qarabag di Stadion Olympic, Baku, karena tensi politik antara Azerbaijan dan negaranya sedang meninggi.

Seperti diketahui, tidak ada hubungan diplomatik antara Armenia dan Azerbaijan karena konflik berkepanjangan karena sengketa wilayah Nagorno-Karabakh.

Menyadari hal ini, pelatih Arsenal, Unai Emery, memutuskan tidak membawa Mkhitaryan ke markas Qarabag.

"Dia tidak bisa pergi ke sini. Kami di sini, pemain dengan mental dan persiapan terbaik serta kemungkinan untuk bermain," ujar Emery, seperti dilansir BBC.

Meski demikian, Emery tidak mau berkomentar soal konflik antara kedua negara itu.

Baca juga: Pujian Legenda Arsenal kepada Bernd Leno.

"Kerja saya adalah sepak bola. Saya menghormati setiap budaya dan setiap negara, tapi saya tidak tahu setiap situasi di tiap negara," kata Emery.

"Ini adalah respek untuk dia dan Anda. Kami di sini dengan kesempatan bermain dengan baik," tutur dia menambahkan.

UEFA mengabarkan kepada BBC Sport, ini adalah keputusan terbaik yang diambil Arsenal dan Mkhitaryan demi alasan keamanan.

Laga final Piala Europa akan dimainkan di Baku pada 2019. Akan tetapi, Emery enggan memikirkan apakah Mkhitaryan harus kembali absen seandainya Arsenal tampil di final Piala Europa.

"Masih lama bagi kami untuk tiba di final. Kami sedang bekerja untuk mempersiapkan laga selanjutnya," kata Emery.

Baca juga: Hasil Arsenal Vs Watford, 5 Kemenangan Beruntun The Gunners

Saat masih bermain bersama Borussia Dortmund, Mkhitaryan juga tidak ikut serta dalam kunjungan ke klub Azerbaijan, Gala, di Liga Europa 2015 karena alasan keamanan.

"Ini adalah prosedur standar UEFA untuk mengirimkan surat dukungan ke asosiasi, klub, atau kedutaan untuk memberikan visa pemain yang akan mengunjungi negara lain dan bermain di laga kompetisi UEFA," tulis pernyataan UEFA.

Di sisi lain, pelatih Qarabag, Gurban Gurbanov, menilai Arsenal mencoba menyelamatkan Mkhitaryan dari tekanan saat bermain di Azerbaijan.

"Saya tidak ingin politik mengganggu olahraga tapi kami tidak bisa melakukan sesuatu untuk kasus ini," kata dia.

"Jika Henrikh Mkhitaryan tidak datang ke Azerbaijan, ini bukan kali pertama. Banyak olahragawan Armenia datang ke Azerbaijan, tapi itu adalah keputusan Arsenal untuk tidak membawa dia," ujar Gurbanov.



Close Ads X