Kompas.com - 03/10/2018, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Gelandang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, menyebut Thailand adalah pesaing terberat di fase grup Piala AFF 2018.

Indonesia dan Thailand berada di Grup B bersama Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Lilipaly menilai, Thailand adalah tim terkuat di Grup B karena punya kedalaman skuad yang baik.

"Saya pikir Thailand memiliki banyak kualitas. Bahkan tanpa pemain andalan yang kemungkinan tak dapat tampil (lantaran bermain di Liga Jepang dan Belgia), mereka akan menjadi salah satu tim terbaik," kata Stefano Lilipaly dilansir BolaSport.com dari situs resmi AFF.

Format Piala AFF 2018 berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya.

Pada tahun ini, Piala AFF dimainkan dengan format masing-masing negara kontestan bermain kandang dan tandang. Hal ini berbeda dari edisi-edisi sebelumnya saat turnamen digelar di satu negara tuan rumah.

Baca juga: Seusai Gagal di Piala Asia U-16, Sutan Diego Zico Sudah Dihubungi 3 Tim Papan Atas Liga 1

Di laga pertama, Indonesia akan bertandang di markas Singapura. Menurut Lilipaly, laga ini sangat penting karena sangat menentukan laju tim selanjutnya.

"Tentu saja selalu penting memulai dengan kemenangan, jadi ini akan menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kami melawan Singapura. Jika kami bisa menang di sana, kami akan kembali ke Indonesia dengan perasaan positif dan itu akan memberi kami lebih banyak energi," ucap pemain 28 tahun itu.

Di laga terakhir, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Bagus bahwa kami memainkan pertandingan terakhir melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, itu adalah keuntungan bagi kami. Laga terakhir akan sangat penting di depan penggemar rumah kami," tutur pemain Bali United ini.

Baca juga: Berita Sanksi Persib - Diusir dari Pulau Jawa, 4 Pemain Dihukum, sampai Efek Berat Kompetisi Musim 2019

Lilipaly berharap skuad Merah-Putih bisa membawa pulang gelar juara di Piala AFF tahun ini. Menurutnya, target itu bisa dicapai jika Indonesia fokus di setiap pertandingan yang akan dimainkan.

"Kami hanya perlu fokus pada diri sendiri, selangkah demi selangkah, dari pertandingan satu ke pertandingan lainnya," kata Lilipaly.

Turnamen sepak bola terbesar se-Asia Tenggara ini akan berlangsung pada 8 November hingga 15 Desember 2018. (Irfa Ulwan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BolaSport


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.