Gagal di Piala Asia, Sutan Zico Ingin Fokus Pulihkan Cedera

Kompas.com - 02/10/2018, 10:13 WIB
Sutan Zico merayakan gol Timnas U-16 Indonesia ke gawang Australia pada laga perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, 1 Oktober 2018. AFC/ADAM AIDILSutan Zico merayakan gol Timnas U-16 Indonesia ke gawang Australia pada laga perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, 1 Oktober 2018.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Striker timnas U-16 Indonesia, Sutan Diego Armando Zico, memilih fokus memulihkan cedera sebelum mulai bermain di Liga U-16 Elite Pro Academy.

Zico mencetak gol pembuka yang membawa Indonesia unggul 1-0 pada babak pertama dalam laga perempat final Piala Asia U-16 kontra Australia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018).

Sayangnya, Indonesia gagal melenggang ke semifinal setelah menelan kekalahan 2-3 dari Australia.

Meski gagal, Zico telah menorehkan penampilan impresif di Piala Asia U-16. Dia menjadi pencetak gol terbanyak untuk Timnas U-16 Indonesia selama mengarungi Piala Asia U-16.
Padahal, Zico sedang dalam kondisi tidak fit saat berlaga di Piala Asia U-16.

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam, Sutan Zico Selamatkan Garuda Asia

Dia masih direcoki cedera otot kunci paha yang menerpanya sejak beberapa bulan lalu.

Akibat cedera ini, Zico sempat tidak dijadikan pilihan utama pelatih timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, untuk bertanding di Piala AFF U-16 2018, Juli-Agustus lalu. Namun, Zico tetap berhasil menorehkan dua gol di ajang ini.

"Ini sebenarnya masih sakit, tapi harus dipaksa demi Indonesia," tutur Zico menceritakan cedera yang dideritanya.

Sebelum direcoki cedera, Zico sempat menjadi pencetak gol terbanyak (10 gol) untuk Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-16 yang digelar di Thailand, 16-29 September tahun lalu.

Setelah gagal mengantarkan Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U-16, pemain jebolan Chelsea Soccer School Singapura ini memilih fokus memulihkan cedera.

Baca juga: Perjuangan Timnas U-16 Harus Diapresiasi

 

"Setelah ini, saya mau fokus untuk penyembuhan cedera sembari latihan terus dan bekerja keras untuk menjadi lebih baik," kata dia.

Setelah pulih dari cedera, Zico berencana bermain di Liga 1 U-16 Elite Pro Academy yang digelar PSSI sejak September 2018. Zico diketahui telah mendapatkan tawaran bergabung dengan sejumlah klub Liga 1 U-16.

"Saya ingin bermain di sana (Liga 1 U-16). Sebenarnya, sudah ada klub yang menghubungi agen saya, seperti Persija Jakarta, Bali United, dan Barito Putera, tapi memang belum ada yang resmi," ucap Zico.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X