LIMA Futsal Mencari Wakil Region Kalimantan - Kompas.com

LIMA Futsal Mencari Wakil Region Kalimantan

Kompas.com - 29/09/2018, 17:09 WIB
Pada Season 6 tahun ini, Liga Mahasiswa akan menghelat futsal di tujuh wilayah, dimulai di Pulau Kalimantan pada 27 September - 3 Oktober 2018, tepatnya di Pontianak, Kalimantan Barat.
Pada Season 6 tahun ini, Liga Mahasiswa akan menghelat futsal di tujuh wilayah, dimulai di Pulau Kalimantan pada 27 September - 3 Oktober 2018, tepatnya di Pontianak, Kalimantan Barat.

PONTIANAK, Kompas.com - Untuk kedua kalinya, pulau Kalimantan kembali menjadi titik awal perhelatan LIMA (Liga Mahasiswa) Futsal. Sebuah kompetisi yang menghadirkan wakil dari kampus terbaik tanah air, yang tak hanya cakap olah otot, namun juga sukses dalam aktifitas akademis

Liga Mahasiswa pertama kali menggelar cabang olahraga futsal pada 2013 dengan hanya dua conference. Pada Season 6 tahun ini, Liga Mahasiswa akan menghelat futsal di tujuh wilayah, dimulai di Pulau Kalimantan pada 27 September - 3 Oktober 2018, tepatnya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Selaku operator, manajemen Liga Mahasiswa berharap, sebagai salah cabang olahraga populer di Indonesia, futsal mampu menjadi lokomotif pengembangan mahasiswa secara lebih luas.   "Setelah pergelaran perdana Futsal yang mengesankan di Pontianak tahun lalu, Liga Mahasiswa berharap peningkatan kesemarakan Kalimantan Conference di tahun kedua ini di tempat yang sama. Bertambahnya jumlah peserta dari tahun lalu menjadi bukti awal menggembirakan menuju kesuksesan tahun kedua LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference," ucap CEO Liga Mahasiswa, Ryan Gozali, saat meresmikan mulainya kompetisi ini.

Setelah melalui seleksi administrasi yang ketat, dua belas (12) tim futsal putra universitas terbaik dipastikan akan berlaga pada musim ini. Ke-12 kampus itu adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI), Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Pontianak, Universitas Tanjung Pura, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Pontianak, Politeknik Putra Bangsa, Politeknik Kesehatan Kementrerian Kesehatan (Poltekkes) Pontianak, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Akademi Farmasi YARSI, dan Universitas Panca Bhakti Pontianak.

Dua belas tim peserta LIMA Futsal Kalimantan Conference 2018 terbagi dalam tiga pul. Setiap pul akan berisikan empat tim peserta yang bersaing menjadi juara grup untuk memastikan lolos ke semifinal. Sementara itu, satu tempat tersisa di semifinal, akan didapatkan oleh satu tim dengan status runner up terbaik. Penentuan status runner up terbaik akan ditentukan berdasarkan angka kemenangan tertinggi tim, kemudian selisih gol terbesar tim, dan terakhir produktivitas gol tim tersebut.

Dua belas tim tersebut akan bersaing untuk memastikan diri menjadi yang terbaik sekaligus mewakili region Kalimantan di LIMA Futsal Nationals 2018 yang akan dihelat pada 7-16 Desember di Jakarta.