Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Orang Akan Tampil di Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Kompas.com - 28/09/2018, 13:49 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 akan dimeriahkan lebih dari 1.500 penampil yang mengusung konsep teatrikal penuh aksi.

Hal ini diungkapkan Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari.

“Total penampil yang memeriahkan acara sekitar 1.500 orang,” kata Okto dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/9/2018).

Penampil tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, serta anggota sanggar tari.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan Inapgoc untuk upacara pembukaan yang akan berlangsung pada Sabtu (6/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Menurut Raja Sapta Oktohari, nilai-nilai kemanusiaan serta keberagaman di Indonesia akan ditonjolkan pada upacara pembukaan nanti.

Dalam pembukaan Asian Games lalu keindahan alam gunung yang ditonjolkan, sedangkan di Asian Para Games akan menonjolkan kekayaan laut Indonesia.

Baca juga: Kekayaan Laut Indonesia Jadi Tema Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Tidak hanya itu, para penyandang disabilitas juga bakal dilibatkan di dalam acara yang akan digelar selama dua jam itu.

Rencananya pertunjukan akan dibagi ke dalam beberapa segmen. Nantinya, sekitar 40 orang penyandang disabilitas akan dilibatkan dalam setiap segmen.

Okto menjelaskan keterlibatan disabilitas menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Opening ceremony nantinya bakal lebih banyak gelaran dan aksi-aksi yang menunjukkan sisi kemanusiaan dan Indonesia yang ramah terhadap disabilitas," ujar Okto.

Baca juga: Begini Cara Beli Tiket Opening Ceremony Asian Para Games 2018, Jangan Sampai Kehabisan!

Terdapat beberapa fasilitas khusus yang disediakan oleh Inapgoc untuk para penyandang disabilitas. Salah satunya adalah penyediaan area untuk kursi roda di tribun GBK dengan kapasitas 500 kursi roda.

Penjualan tiket Upacara Pembukaan Asian Para Games sudah dimulai sejak tanggal 20 September 2018 melalui situs web asianparagames2018.loket.com.

Inapgoc mengajak masyarakat menjadi saksi sejarah Asian Para Games III dengan menonton langsung upacara pembukaan dan juga pertandingan-pertandingan 18 cabang olahraga yang diperlombakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com