Asian Para Games 2018, Seremoni Pembukaan Usung Tema Kekayaan Laut

Kompas.com - 28/09/2018, 07:47 WIB
Tampak para penari sedang melakukan latihan untuk persiapan seremoni pembukaan Asian Para Games 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/9/2018). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANATampak para penari sedang melakukan latihan untuk persiapan seremoni pembukaan Asian Para Games 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) mengundang awak media untuk menyaksikan sesi latihan seremoni pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/9/2018) malam.

Kompas.com menjadi salah satu media yang berkesempatan menyaksikan langsung momen tersebut.

Baca juga: Tiket Upacara Pembukaan Asian Para Games Terjual 40 Persen

Tema yang diusung Inapgoc pada seremoni pembukaan APG 2018 yakni menampilkan kekayaan laut Indonesia.

Di tengah lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno, sebuah set panggung besar nan luas ditata sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk ombak lautan.

Ratusan penari dengan berbagai perlengkapan juga tampak berlatih tarian tertentu, sambil diiringi musik orkestra.

Aksi tarian itu diiringi pula dengan kemunculan kapal phinisi, hingga adanya hewan reptil khas Indonesia, komodo.

"Indonesia kan memiliki gunung dan laut. Kemarin Asian Games 2018 konsep pembukaannya gunung, kalau kami Asian Para Games 2018 temanya laut," ujar Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari.

"Semua itu adalah gabungan kebanggaan dari bangsa kita, bangsa kita kaya akan budaya," tutur dia.

Okto, sapaan Raja Sapta Oktohari, menegaskan bahwa seremoni pembukaan APG 2018 juga bakal menunjukkan banyak sisi kemanusiaan.

Salah satu segmen yang akan menyentuh ranah kemanusiaan yakni hadirnya 40 penyandang disabilitas yang akan tampil pada seremoni pembukaan nanti.

Baca juga: Jadwal Perempat Final Korea Open 2018, Ada 5 Wakil Indonesia

"Kita punya ideologi yang luar biasa, yaitu Pancasila, yang di dalamnya tekandung makna inklusif bagi penyandang disabilitas," tutur Okto.

Secara keseluruhan, seremoni pembukaan APG 2018 akan melibatkan 1.500 penari yang berasal dari bermacam-macam latar belakang.

Acara tersebut akan ditangani oleh Royal Indo sebagai pemenang tender, dan mereka bakal menggandeng BWS sebagai perusahan yang terlibat pada Olimpiade Rio 2016.

Tiket seremoni pembukaan APG 2018 sudah dijual sejak tanggal 20 September lalu di Loket.com, dan sejauh ini sudah laku hingga 10.000 tiket.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X