Kompas.com - 27/09/2018, 18:20 WIB
Ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya Haringga Sirla. Twitter @KEMENPORA_RIUngkapan bela sungkawa atas meninggalnya Haringga Sirla.

KOMPAS.com – Meninggalnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, sebelum pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018) lalu, masih menyisakan duka tersendiri dalam dunia sepak bola nasional.

Sebagai bentuk pencegahan dan sikap edukasi kepada para pendukung, khususnya kepada The Jakmania, sebutan bagi suporter Persija, manajemen dan Ketua Umum (Ketum) The Jakmania, Tauhid Indrasjarief atau yang akrab dipanggil Bung Ferry, resmi mengeluarkan imbauan.

"Tidak hanya The Jakmania sebenarnya, tetapi kepada seluruh pendukung, kan suporter Persija ini banyak, tidak hanya The Jakmania saja, supaya tidak ada lagi tindakan destruktif," ujar Direktur Utama Persija Gede Widiade saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Ganesport Institute Rekomendasikan 5 Sanksi Keras Persib dan Persija

Dalam surat imbauan yang ditandatangani Gede Widiade beserta Ferry tersebut memuat poin-poin, di antaranya imbauan kepada semua pendukung Persija melakukan kegiatan yang ada faedahnya untuk perdamaian.

Selain itu, ada juga imbauan untuk tidak menyebarkan atau membuat ujaran kebencian, berita palsu, maupun bentuk provokasi lain yang kontraproduktif dengan upaya mengakhiri kekerasan di sepak bola Indonesia serta mendorong pemerintah lebih aktif di dunia cyber dalam membendung suasana keruh di media sosial.

Baca juga: Arema FC Vs Madura United, Laga Amal untuk Haringga Sirila

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hari ini kami sebar, semoga tidak ada lagi kekerasan dan kengerian yang akan terjadi dalam sepak bola Indonesia pada waktu yang akan datang," ucap dia.

Manajemen Persija percaya kasus tersebut akan ditangani dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya oleh pihak kepolisian. Pemerintah melalui Menpora, BOPI, PSSI, serta pihak-pihak lain yang terkait sudah meminta kepada semua pihak untuk bisa menahan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.