Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Piala Asia 2019 Terapkan Teknologi VAR

Kompas.com - 27/09/2018, 16:33 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Presiden AFC, Shaikh Salman bin Brahim Al Khalifa, mengungkapkan bahwa kompetisi Piala Asia 2019 akan menggunakan VAR (Video Assistant Referee).

Hal itu diungkapkan Shaikh Salman bin Brahim Al Khalifa setelah menerima persetujuan dari Dewan Sepak Bola Internasional (IFAB) dan konsultasi departemen Wasit dan Kompetisi dari AFC.

"Sepak bola Asia bertekad menggunakan teknologi demi kebaikan permainan dan kami akan melakukan pengenalan VAR dalam beberapa tahap selama kompetisi Piala Asia di Uni Emirat Arab," ujar Shaikh Salman bin Brahim Al Khalifa lewat rilis di situs resmi AFC, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Link Live Streaming Timnas U-16 Vs India, Laga Penentu ke Perempat Final Piala Asia U-16 2018

"Kami melihat VAR di Piala Dunia 2018 dan jelas bagi semua orang bahwa perlu pelatihan dan investasi dalam fasilitas untuk membuat sistem tersebut efektif dan berdampak positif untuk permainan," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Sheikh Salman menjelaskan bahwa ia sudah memastikan kesiapan berbagai eleman yang dibutuhkan dalam teknologi VAR untuk bisa diterapkan dalam Piala Asia 2019.

"Kami berterima kasih atas dukungan FIFA dan IFAB dan sekarang saya telah memastikan semua elemen logistik tersedia sehingga kami dapat menerapkan VAR untuk Piala Asia," ujar Shaikh Salman.

Baca juga: Hasil Liga Spanyol - Barcelona Kalah karena Kebobolan 2 Gol dalam 68 Detik

Piala Asia 2019 akan digelar 5 Januari 2019 atau tepat 100 hari dari sekarang dan bakal diikuti 24 negara. Laga perdana akan dibuka oleh tuan rumah Uni Emirat Arab yang menjamu Bahrain.

Selain itu, turnamen ini juga akan memiliki trofi baru. (Bagas Reza Murti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com