Tiba di Bumi Panua, Kirab Pemuda Belajar tentang Destinasi Wisata - Kompas.com

Tiba di Bumi Panua, Kirab Pemuda Belajar tentang Destinasi Wisata

Kompas.com - 27/09/2018, 16:16 WIB
Penyambutan peserta Kirab Pemuda 2018 di ibu kota Kabupate Pohuwatu, Provinsi Gorontalo pada Rabu (26/9/2018). Pohuwatu dikenal dengan sebutan Bumi Panua. Kemenpora Penyambutan peserta Kirab Pemuda 2018 di ibu kota Kabupate Pohuwatu, Provinsi Gorontalo pada Rabu (26/9/2018). Pohuwatu dikenal dengan sebutan Bumi Panua.

POHUWATU, KOMPAS.com - Rombongan Kirab Pemuda 2018 dari Zona II yang berangkat dari Merauke pada 7 September tiba di Bumi Panua, kemarin.

Julukan Bumi Panua adalah nama khas untuk Kabupaten Pohuwatu di Provinsi Gorontalo. Pohuwatu adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Boalemu sejak 2003.

Laman pohuwatokab.go.id menunjukkan, kabupaten yang menghadap Teluk Tomini ini beribu kota di Marisa. Lantas, salah satu andalan detinasi wisata di Pohuwato adalah Pulau Lahe.

Selain mempunyai pasir putih yang bagus, Pulau Lahe menyimpan berbagai keindahan bawah laut. Jarak Pulau Lahe dengan Marisa sekitar 3 kilometer.

"Ini andalan wisata kami," kata Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga sebagaimana siaran pers yang diterima Kompas.com dari Kemenpora, kemarin.

Selain itu, Syarif juga berpesan dalam sambutannya agar para pemuda harus berani mewujudkan mimpi-mimpi bangsa Indonesia.

Pada bagian selanjutnya, Kepala Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Suryati menjelaskan bahwa agenda Kirab Pemuda akan menjadi sarana untuk memfasilitasi para pemuda Indonesia agar dapat mengembangkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, dan daya saing secara global.

Sementara itu, Deputi 1 Asisten Deputi (Asdep) Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora Abdul Muslim mengatakan, peserta Kirab Pemuda 2018 sebanyak 45 orang ditambah 5 orang pendamping. Mereka terdiri dari 34 utusan dari setiap provinsi serta 10 perwakilan dari pemuda nasional.



Close Ads X