Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam, Trio Gelandang Jadi Otak Permainan

Kompas.com - 24/09/2018, 10:12 WIB
Pesepak bola Indonesia U-16 David Maulana (kanan) melakukan selebrasi ketika berhasil melakukan tendangan penalti saat laga melawan Filipina U-16 pada penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUPesepak bola Indonesia U-16 David Maulana (kanan) melakukan selebrasi ketika berhasil melakukan tendangan penalti saat laga melawan Filipina U-16 pada penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0.

JAKARTA, KOMPAS.com - Trio gelandang David Maulana, Andre Oktaviansyah, dan Brylian Negietha, bakal mengambil peran penting dalam permainan timnas U-16 Indonesia saat meladeni Vietnam di laga kedua Grup C Piala Asia U-16, Senin (24/9/2018).

Skuat besutan Fakhri Husaini ini membuka petualangan di Piala Asia U-16 dengan kemenangan 2-0 atas Iran, Jumat (21/9/2018). 

Lini tengah yang solid menjadi kunci keberhasilan timnas U-16 Indonesia saat mengalahkan Iran.

Skuat berjuluk Garuda Asia ini mengandalkan transisi permainan dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya. Permainan dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan pergerakan cepat ini berjalan mulus berkat keberaan pemain-pemain tengah yang solid.

Trio gelandang, David, Andre, dan Brylian menjalankan tugas sebagai otak permainan sekaligus jangkar bagi timnas U-16. Mereka menjadi kunci Indonesia dalam penguasaan bola saat melawan Iran. Saat itu, Indonesia berhasil menguasai 56 persen bola. 

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam, Fakhri Tak Peduli Rekor Pertemuan

Dikutip dari data statistik bola Labbola, akurasi umpan Indonesia saat melawan Iran mencapai 75 persen atau lebih tinggi 10 persen daripada Iran.

David dan Andre berperan sebagai otak dalam permainan timnas, sedangkan Brylian bertugas sebagai jangkar.

Semua pemain memang bertanggung jawab dalam pertahanan tim, tapi Brylian lah yang mengambil tugas memotong serangan lawan yang masuk ke wilayah pertahanan Indonesia.

"Saya tidak boleh terlalu jauh dengan stopper dan gelandang serang," ujar Brylian.

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam, Transisi Jadi Kunci

Brylian mengaku nyaman bermain bersama rekan-rekannya di lini tengah, khususnya dengan David Maulana yang merupakan teman sekamarnya di hotel.

"Jadi saya sudah tahu bola-bolanya David ke mana," tutur Brylian menambahkan.

David, Andre, dan Brylian menjadi bagian dalam kesuksesan Indonesia menjuarai Piala U-16 AFF 2018. Oleh karena itu, kerjasama tim yang mereka bangun tidak diragukan lagi.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X